Yamaha Aerox

Dinsos Rencanakan Bangun Shalter ODGJ

  Sabtu, 30 November 2019   Irpan Wahab Muslim

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Tasikmalaya Roni Sahroni menuturkan, pihaknya sudah mempunyai rencana memanfaatkan bangunan pemerintah yang tidak dipakai secara optimal di wilayah Menonjaya dijadikan shalter khusus untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Kita sudah berembug di Dinas, akan memanfaatkan bangunan bekas kantor pemerintahan apa begitu di wilayah Manonjaya untuk dijadikan shalter. “ kata Roni kepada wartawan, Sabtu (30/11/2019).

Pembentukan shalter khusus ODGJ itu, kata Roni, tidak semudah membalikan telapak tangan. Artinya butuh segala sesuatu yang harus dipersiapankan, baik dari sarana prasarana maupun tim atau petugas yang merawat ODGJ nantinya.

“Tidak mudah sebetulnya, tidak seperti membalikan telapak tangan. Contoh kecil saja, kita harus punya kendaraan khusus untuk membawa ODGJ dari rumahnya ke shalter. Itu harus kendaraan khusus, “ ujarnya.

Secara bertahap, lanjut Roni, pihaknya akan berupaya membangun atau membentuk shalter khusus ODGJ. Karena bagi mereka, penanganan khusus sangat diperlukan. Seringkali ditemukan, ODGJ diperlakukan tidak selayaknya oleh keluarga seperti pemasukan dan pengurungan.

Dari data yang ada, Jumlah ODGJ di Kabupaten Tasikmalaya cukup banyak yakni mencapai 1.741 orang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar