Yamaha Aerox

10 Ribu Warga Tasik Ikut Pendaftaran CPNS

  Senin, 02 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi peserta melakukan tes CPNS di lingkungan Pemprov Jabar akhir Oktober tahun lalu.(Irfan Alfaritsi/ayobandung.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Tim admin Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tasikmalaya mencatat, ada sekitar 10 ribu pendaftar untuk memperebutkan 683 kuota CPNS di berbagai formasi.

Dari jumlah itu, baru sekitar 50 persen berkas pendaftaran yang sudah diverifikasi. Verifikasi ini menentukan apakah si pendaftar Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jika MS, maka si pendaftar berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yakni tes kompetisi dasar.

Jika bercermin dari pengalaman seleksi CPSN tahun 2018, jumlah pendaftar yang TMS angkanya masih sangat tinggi. Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh faktor kurangnya pengalaman si pendaftar yang mungkin masih meraba-raba.

"Jumlah pendaftar saat itu mencapai 13 ribu lebih dan hasil perivikasi tim, tercatat hanya 8.500 perndaftar yang MS. Maka artinya angka TMS masih sangat tinggi," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muhanmad Zein, Senin (2/12/2019).

Pada rekrutmen CPNS tahun ini, kata Zen, jumlah pendaftar yang MS berpeluang jauh lebih banyak dibanding yang TMS. Hal ini salah satunya ditunjang faktor pengalaman si pendaftar dan bercermin dari tahun sebelumnya.

"Hasil verifikasi akan dibuka pada bulan Desember akhir. Pendaftar yang MS akan mengikuti tes kompetensi dasar yang direncanakan dilakanakan pada awal bulan Pebruari 2020. Hasil tes tersebut akan menentukan lolos tidaknya ke tahap berikutnya yaitu tes kompetensi bidang yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020," ucapnya.

Dijelaskan, dari jumlah 683 kuota CPNS, sebanyak 442 formasi untuk tenaga pendidik atau guru kelas SD, 36 formasi guru SMP. Sisanya untuk formasi tenaga teknis sebanyak 108 termasuk untuk tenaga penyuluh pertanian dan  133 untuk formasi tenaga kesehatan.

"Jadi formasi pendidik masih mendominasi, peminatnya kurng lebih 75 persen dari total pendaftar, " ucapnya.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar