Yamaha Aerox

Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Petakan Kerawanan Pilkada

  Senin, 02 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi pilkada. (ayobandung/Irfan Al Faritsi)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya menggelar Rapat Koordinasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Tasikmalaya, di kantor Bawaslu, Senin (2/12).

Raker dihadiri Ketua dan Komisioner KPU, Ketua dan Komisioner Bawaslu, Kepolisian Polres Tasikmalaya dan unsur media.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda SIP menjelaskan, raker IKP ini untuk menentukan apa saja kerawanan yang akan muncul pada pada saat Pilkada tahun 2020 mendatang.

"Jadi kita rumuskan, untuk menentukan program pencegahan kerawanan itu. Jadi kita bahas sekarang, " kata Dodi.

Ditemui di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Koodinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Ahmad Azis Firdaus mengatakan, kerawanan pemilu di Tasikmalaya termasuk rawan tinggi pada pemilu terakhir tahun 2019 lalu.

Makanya, pihaknya saat ini melakukan Indek Kerawanan Pemilu (IKP) dengan tujuan menyajikan analisis dan rekomendasi kebijakan berbasis riset dan data kepemiluan, dasar dalam merumuskan kebijakan program dan strategi pengawasan pemilu, instrument deteksi dini dan pencegajan dari potensi kerawanan pemilu. 

"Kerawanan pemilu Konteks sosial politik, kemanan, otoritas penyelenggaraan pemilu bawaslu dan kpu, penyelenggaraan negara pemkab, ASN, relasi kuasa ditingkat lokal, " tambahnya.

Ditambahkan Azis, Beberapa dimensi nya yakni  penyelenggaraan yang bebas dan adil, dalam hak pilih, kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, ajudikasi keberatan pemilu dan pengawasan pemilu.

"Kontestasi dengan hak politik terkait gender, representasi minoritas, proses pencalonan, partisipasi partisipasi pemilih, partai, kandidat dan partisiasli publik, " ucapnya.

Hasil dari rumusan IPK ini, lanjut Azis, akan dilaporkan kepada Bawaslu pusat untuk merumuskan nantinya program-program kerja Bawaslu dalam mengantisipasi kerawanan itu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar