Yamaha Aerox

211 Kades Terpilih Diberi Pengarahan Jelang Pelantikan

  Senin, 02 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
Sebanyak 211 kepala desa terpilih hasil pilkades serentak dikumpulkan oleh Bupati Tasikmalaya di Pendopo Baru, Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Senin (2/12/2019). (Ayotasik.com/Erika Lia)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Sebanyak 211 kepala desa terpilih hasil pilkades serentak dikumpulkan oleh Bupati Tasikmalaya di Pendopo Baru, Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Senin (2/12/2019).

Dalam kesempatan itu, bupati maupun pejabat pemerintahan memberikan arahan untuk kepala desa yang rencananya akan dilantik mulai tanggal 5 hingga 7 Desember mendatang. 

AYO BACA : Penamaan Sejumlah Kampung di Leuwisari Berdasar Kebataraan Galunggung

Mereka diberi pembekalan tentang tata kelola desa agar ketika memimpin terutama untuk mereka yang baru menjabat pertama kali, dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Materinya pertama tentang kepemimpinan, bagaimana kepemimpinan seorang kades, mengelola desa, pengawasan hingga masalah keuangan, dan aturan baik peraturan UU nomor 6 tahun 2015 permendagri maupun perda atau perbup sebagai pegangan tata kelola pemerintahan desa,“ kata Kabag Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin.

AYO BACA : Anggaran Minim, KPU Minta Parpol Ikut Andil Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Dalam memimpin Desa, kata Nuraedidin, kades harus betul-betul memahami dalam tata kelola pemerintahan dan penyelengaraannnya baik dalam bidang kemasyarakatan, pembangunan, dan pemerintahahan.

“Jadi mereka harus benar memahami betul tugas mereka sesuai aturan, terutama pada mereka yang baru pertama menjabat agar tidak kebingungan,“ paparnya.

Hal yang tidak kalah penting, lanjut Nuraedidin, yakni memperbaiki dan memahani isi aturan, komunikasi dengan masyarakat, komunikasi dengan lembaga di desa seperti BPB, LPM, RT, RW, dan MUI sehingga satu pemikiran dalam membangun desa.

AYO BACA : Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Petakan Kerawanan Pilkada

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar