Yamaha

Anggaran Pilkada Minim, KPU Kabupaten Tasik Konsultasi ke Kemendagri

  Kamis, 05 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Anggaran yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya kepada KPU Kabupaten Tasikmalaya sebesar Rp57 Miliar untuk kebutuhan Pilkada 2020 dinilai kurang. Kekurangan itu berdasarkan hitungan KPU terkait anggaran ideal mencapai Rp87 Miliar.

Menutupi kekurangan anggaran, KPU akhirnya melakukan berbagai cara. Salah satunya akan berkoordinasi dengan Kemendagri terkait mekanisme pemberian hibah. Rencanannya konsultasi dilangsungkan pada Selasa depan.

“Dengan anggaran yang disediakan sekarang, kami akan menggelar Pilkada minimalis, karena 52 persennya anggaran untuk honor bada adhok, itu pun angkanya tidak sesuai dengan edaran Kemenkeu," ujar Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin, Kamis (5/12/2019).

Zamzam menerangkan bahwa terdapat tiga pembahasan untuk dikonsultasikan. Pertama terkait mekanisme pemberian hibah dalam penyelenggaraan pilkada, kedua tentang adendum penyaluran hibah, dan ketiga terkait mekanisme permintaan anggaran untuk pilkada.

“Nanti itu kami akan konsultasi soal bisa bagaimana mekanismenya penganggaran pilkada dari pemerintah daerah. Soal adendum, bisa tidak NPHD dilaksanakan dua kali atau kalau kita kekurangan bisa tidak meminta kepada pemprov maupun pusat,“ katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar