Yamaha

Semua Wilayah Kabupaten Tasik Memiliki Potensi Bencana

  Jumat, 06 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi bencana longsor yang kerap terjadi saat musim hujan. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kabupaten Tasikmalaya yang terdiri dari 39 Kecamatan dan 351 Desa memiliki potensi bencana cukup. Selain memiliki potensi bencana tsunami untuk wilayah selatan, Tasikmalaya juga rawan terjadinya bencana yang disebabkan aktivasi gunung, longsor, pergerakan atau pergeseran tanah, dan banjir.

Salah satu yang terbaru yakni pergerakan tanah yang terjadi di permukiman warga di Kampung Singajaya, Cigadung, Jajaway, dan Burujul di Desa Pusparahayu, Kecamatan Puspahiang, yang menyebabkan keretakan 146 bangunan antara lain rumah dan tempat ibadah.  

AYO BACA : 146 Bangunan di Puspahiang Rusak Akibat Pergeseran Tanah

"Jika dilihat dari kondisi, kita rawan bencana banjir, longsor, gunung merapi, dan tsunami," kata Kapala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Wawan Ridwan Efendy, Jumat (6/12/2019).

Wawan mengungkapkan, Tasikmalaya pernah disebut-sebut menempati posisi ke dua sebagai daerah rawan bencana se-nasional. Namun kerawanan dari sisi resiko atau dampak dari bencana menempati urutan kelima. Artinya berbagai kesiapan mulai dari sumber daya manusia dan logistik guna menghadapi bencana alam dimiliki salah satu daerah Priangan Timur ini.

AYO BACA : Polres Tasik Kota Waspadai Bencana Alam Saat Libur Nataru

"Setidaknya kita sudah siap, karena kita terus menerus memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pelatihan. Relawan bencana bahkan sudah dibentuk ditingkat Desa, " tambah Wawan.

Sebagai langkah antisipasi, kata Wawan, BPBD sudah melakukan sosialisasi kebencanaan ke berbagai lapisan dan unsur masyarakat, seperti santri, tokoh pemuda, dan tokoh agama. Tidak hanya itu, sedikitnya sudah terbentuk 50 relawan kebencanaan di tiap desa.

“Jadi itu kita lakukan sebagai langkah antisipasi jika bencana terjadi. Jadi di lapangan sudah ada relawan yang siap membantu saat bencana terjadi, “ ucapnya.

AYO BACA : Masuk Musim Hujan, Warga Diminta Waspada

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar