Yamaha

Capaian Retribusi IMB 2019 di Kabupaten Tasik Tersisa 15%

  Jumat, 06 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi (www.asiagreenbuildings.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kepala Seksi Pendaftaran dan Verifikasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tasikmalaya Andri Santoni menuturkan, target pendapatan retribusi IMB tahun 2019 tinggal tersisa sedikit yakni di kisaran 15%.

Persentase itu setara dengan uang senilai Rp262 juta dari target total pendapatan retribusi sebesar Rp1 miliar. Sementara jumlah penerbitan IMB pada tahun 2019, sedikitnya sudah mencapai 448 IMB. Hingga kini pun sudah ada ratusan pengajuan IMB yang masuk atau tengah diproses.

AYO BACA : Dinkes Tasik Beberkan Sejumlah Proyeksi Kesehatan 'Tasik Hade'

“Kita bertahap memproses ratusan berkas pengajuan yang sudah lama menumpuk,“ kata Andri, Jumat (6/12/2019).

Sementara pada tahun 2018, dari target yang ditetapkan sebesar Rp500 juta, kata Andri, pendapatan retribusi justru melampaui sekitar 30% atau di kisaran senilai Rp800 juta. Pencapaian itu yang membuat target retribusi tahun 2019 ditingkatkan menjadi Rp1 miliar.

AYO BACA : Pembayaran PBB 2019 di Kabupaten Tasik Sisakan Rp500 Juta

“Di sisa waktu yang ada mudah-mudahan kekurangan target itu bisa tercapai,“ ujarnya.

Kedepan, untuk menjaring capaian retribusi meningkat, lanjut Andri, pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya IMB.

“Pemdes merupakan pengawas terdepan dan dekat dengan lingkungan masyarakat. IMB juga menguntungkan pemilik bangunan karena hal itu menambah nilai jual bangunan, “ ucapnya.

AYO BACA : Anggaran Pilkada Minim, KPU Kabupaten Tasik Konsultasi ke Kemendagri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar