Yamaha

Gubenur Jabar Minta Kepala Daerah Siaga Banjir

  Kamis, 19 Desember 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi bencana banjir. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

BANDUNG, AYOTASIK.COM -- Hujan deras yang melanda Bandung Raya belakangan ini menyebabkan sejumlah titik dilanda banjir. Salah satu puncaknya terjadi pada Selasa, 17 Desember 2019. Banjir diketahui menerjang hingga lima kecamatan di Kabupaten Bandung.

Ciparay, Dayeuhkolot, Baleendah dan Banjaran adalah beberapa daerah yang terdampak. Luapan Sungai Citarum menjadi salah satu penyebabnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi terkait hal tersebut. Salah satunya adalah dibukanya terowongan air Nanjung Curug Jompong di Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

"Kemarin terowongan Nanjung sudah dibuka oleh Pangdam sehingga surutnya banjir Dayeuhkolot luar biasa cepat dibanding sebelumnya," ungkapnya ketika ditemui di Gedung Sate, Kamis (19/12/2019).

Meski demikian, dia mengatakan, pembukaan terowongan tersebut masih dilakukan secara manual. Seharusnya, terowongan dapat dibuka secara mekanis.

"Sehingga urusan Citarum walaupun ada luapan tetap bisa surut dengan jauh lebih cepat," jelasnya.

Selain hal tersebut, guna mengantisipasi banjir di musim hujan ini, dirinya juga meminta para kepala daerah di seluruh kabupaten/kota di Jabar untuk dapat memeriksa saluran-saluran air di daerah masing-masing.

"Saya meminta pemerintah Daerah Tingkat II untuk memeriksa saluran air khususnya di perkotaan agar segera diantisipasi, jangan sampai ada cileuncang," jelasnya.

"Kemarin hujan turun dengan begitu besar, masyarakat juga harus berhati-hati," tambahnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar