Yamaha

Tanggapi Kematian Pemuda oleh Alkohol, KPAI: Keluarga Deteksi Kenakalan Anak

  Kamis, 26 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi. (Pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Meminimalisir kenakalan remaja seperti penyalahgunaan alkohol di tengah masyarakat, dibutuhkan peningkatan peran serta orang tua dan keluarga. Karena keluarga dinilai merupakan benteng pertahanan dari berbagai kenakalan Remaja.

Hal itu dikatakan Ketua KPAI Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto. Ato melihat, saat ini banyak remaja yang kehilangan pegangan sehingga mencari pegangan lain yang menjurus kepada kenakalan remaja seperti penyalahgunaan narkoba, alkohol, dan seks bebas.

“Jauh lebih penting bahwa bagaimana mempertahankan pola pertahanan dalam keluarga. Karena keluarga merupakan deteksi dini,“ papar Ato, Kamis (26/12/2019).

AYO BACA : Pemuda Tasik Tewas karena Alkohol 96%, Salah Pendidikan Keluarga?

Melihat kasus demi kasus itu, kata Ato, pemerintah harus benar-benar menyadarkan dan memberikan sosialisasi yang masif kepada masyarakat tentang bagaimana pola asuh keluarga atau orang tua kepada anak.

Sosialiasi soal pola asuh ini diharapkan menjadi benteng pertahanan dalam menjaga remaja dan anak-anak kita di masa depan.

“Artinya lakukan sosialiasi tetang pola asuh oleh permintah di berbagai tingkatan. Beri pemahaman kepada orang tua dan keluarga bagaimana mengawasi anak dan menerapkan pola asup terhadap anak yang baik, “ ucapnya.

Maraknya kenakalan remaja di Kabupaten Tasikmalaya, lanjut Ato, tidak lepas dari derasnya informasi melalui media sosial yang berdampak buruk pada anak-anak dan remaja sehingga diperlukan penguatan dari orang tua.

AYO BACA : 2 Pemuda Tewas Usai Tenggak Alkohol Racikan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar