Yamaha

Bawaslu Terus Rangkul Masyarakat Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

  Kamis, 26 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
Sosialisasi pengawasan partisipatif Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, Kamis (26/12/2019). (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Sadar dengan terbatasnya kemampuan, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya merangkul lagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Setelah sebelumnya sejumlah pelajar pemula atau mahasiswa, kali ini, kader posyandu dan pemberdayaan masyarakat dilibatkan dalam pengawasan partisipatif pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmaaya Dodi Djuanda menuturkan, tiap perhelatan pemilu termasuk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 mendatang, pihaknya gencar melibatkan berbagai elemen untuk ikut mengawasi jalannya pemilu.

“Kesuksesan penyelanggaraan pengawasan pemilu itu tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tanggung jawab Bawaslu saja,“ katanya seusai menghadiri sosialisasi pengawasan partisipati di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, Kamis (26/12/2019).

Dengan pengawasan partisipatif ini, menurutnya, seluruh komponen masyarakat harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap jalannya pemilu. Seperti kader posyandu dan pemberdayaan masyarakat yang sering bertatap muka dengan masyarakat.

“Kali ini yang kami libatkan yakni kader posyandu dan kader pemberdayaan, mereka tiap waktu ketemu masyarakat dan bisa mengingatkan jika terjadinya pelanggaran. Kami akan lakukan masif soal pengawasan partisipatif ini karena keterbatasan kami di Bawaslu,“ ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar