Yamaha

BPBD Tidak Punya Anggaran Darurat Bencana, Begini Tanggapan Sekda

  Senin, 06 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Zen (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK. COM -- Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Zen menegaskan, pemerintah berkomitmen hadir dalam setiap kesulitan warganya, termasuk dalam perisitwa bencana yang menimpa.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) ini juga menyampaikan, meskipun BPBD tidak mempunyai anggaran khusus tanggap darurat bencana, namun terdapat anggaran bencana yang dianggarkan dalam bentk Bantuan Tidak Terduga (BTT).

Menurut Zen, anggaran BTT ini selalu disiapkan tiap tahun untuk membantu kebutuhan masyarakat yang sifatnya mendesak. Namun terkait besaran anggaran, Zen tidak mengetahuinya. Ia beralasan bahwa posisinya sebagai sekda yang baru, membuatnya belum banyak mengetahui seputar kondisi pemerintah kekinian.

"Untuk besarannya itu kami belum paham karena masih baru pada posisi ini," kata Zen, Senin (6/1/2020).

Namun Zen menegaskan, pada prinsipnya pemerintah sudah mengalokasikan anggaran karena itu sesuatu hal yang harus diperhitungkan. "Kita kan pakai menejemen risiko. Kita tidak ingin setelah terjadi bencana kita pusing sendiri," tambahnya.

Ditambahkan Zen, sesuai masukan dari BPBD, pemerintah saat ini sedang mengatur regulasi tentang percepatan pencairan anggaran BTT untuk siaga bencana agar lebih cepat.

"Agar lebih mudah. Jadi jangan sampai uang ada, terus prosedur sulit. Jadi kita akan bahas regulasinya mungkin bisa dengan perbup," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar