Yamaha

Curah Hujan Pengaruhi Kondisi Jalan di Tasikmalaya

  Rabu, 08 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Genangan air tampak terlihat di salah satu ruas jalan di Tasikmalaya. Hal itu diperparah drainase di sepanjang jalan tidak dibuat. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Musim penghujan bukan hanya bisa menyebabkan bencana alam, tetapi juga bisa mempercepat kerusakan badan jalan atau aspal. Terlebih jika badan jalan atau aspal itu tergenangi air.

Kabid Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan dan Pemukiman (PUTRPP) Kabupaten Tasikmalaya Atep Dadi Sumardi menuturkan, kerusakan badan jalan atau aspal bisa disebabkan berbagai faktor. Salah satunya yakni seringnya turun hujan.

Namun, kerusakan itu tidak akan terjadi jika tidak ada genangan air di badan jalan. Artinya, bila laju air melalui drainase, maka bisa menghindari terjadinya genangan air di badan jalan. Drainase pun seharusya otomatis ada bila pengerjaan perbaikan atau pembangunan jalan baru dilakukan.

"Curah hujan besar kecilnya sangat berpengaruh terhadap usia badan jalan, apalagiĀ  kalau drainase badan jalan tidak dikelola dengan baik hingga terjadinya genangan di badan jalan," kata Atep yang ditemui di ruangannya, Rabu (8/1/2020).

Ditambahkan Atep, selain untuk mengaliarkan air saat terjadinya hujan, drainase badan jalan juga untuk menahan adanya pergerakan tanah dan longsoran.

"Berbicara secara teknis Kabupaten Tasikmalaya rawan longsor dan pergerakan tanah. Otomatis potensi akan kerusakan jalan selalu ada." ucapnya.

Selain genangan air, faktor kerusakan badan jalan juga bisa diakibatkan bobot tonase kendaraan yang melintas melampaui kemampuan badan jalan. Contohnya, untuk jalan Kabupaten Tasikmalaya bobot maksimal dilalui kendaraan seberat 8 ton.

"Sekarang yang melintas itu bisa lebih dari bobot itu. Itu bisa menjadi penyebab kerusakan badan jalan selain genangan air," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar