Yamaha

Musim Hujan, Harga Sayuran di Tasik Meroket

  Kamis, 09 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Pedagang menunjukan cabai inul yang harganya mengalami kenaikan dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp70.000 per kilogram. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com). (Ayobandung.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Datangnya musim hujan berpengaruh terhadap harga berbagai jenis sayuran. Beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan, mulai dari 20 persen hingga 80 persen.

Dari pantauan Ayotasik.com di Pasar Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, beberapa jenis sayuran dan bumbu dapur mengalami kenaikan. Seperti harga tomat dari semula Rp5.000 menjadi Rp6.000 per kilogram, bawang merah dark Rp20.000 menjadi Rp36.000 per kilogram dan wortel dari sebelumnya Rp7.000 menjadi Rp9.000 ribu per kilogram.

AYO BACA : Harga Cabai di Tasikmalaya Semakin Pedas

Sumiati (45) salah satu pedagang menuturkan, kenaikan harga sayuran dan bumbu dapur sudah terjadi sejak satu minggu lalu. Harga merangkak naik hampir setiap hari. Bahkan ada bumbu dapur yakni cabai inul yang mengalami kenaikan hingga 80 persen.

"Cabai inul yang paling mahal itu, sekarang harganya Rp70.000. Minggu kemarin masih diharga Rp35.000 sampai Rp40.000," kata Sumiati, Kamis (9/1/2020).

AYO BACA : Warga Serbu Bahan Pokok di Pasar Murah

Kenaikan harga ini dirasakan memberatkan oleh para pedagang. Mereka kebingungan menjual barang dagangannya. Jika tidak dinaikkan mereka akan kerugian dan sulit untuk memutarkan modal.

"Kita juga jadi bingung, jualnya berapa. Kita juga belinya mahal. Mending untuk sedikit daripada tidak laku," ujar Imas (38) pedagang sayuran.

Bukan hanya memberatkan pedagang, kenaikan harga juga memberikan dampak kepada pembeli. Menyiasati kondisi tersebut, para pembeli mengurangi pembelian sayuran.

"Paling belinga seperempat atau sesuai kebutuhan. Jangan mahal-mahal lah harga harga teh kalau bisa mah, kita ngatur keuangannya jadi sulit," ujar Irma (30) salah satu pembeli.

AYO BACA : Jelang Ramadan, Harga Sayuran Merangkak Naik

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar