Yamaha

Intensitas Hujan Tinggi, Longsor Terjang Dua Kecamatan

  Jumat, 10 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Longsor yang terjadi di Kampung Nangewer Desa Sukabakti Kecamatan Sodonghilir. (ayotasik/Irpan Wahab)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Sepanjang haru Kamis (9/1/2020) setidaknya terjadi bencana longsor di delapan titik yang tersebar di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Parungponteng dan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya.

Dari data yang dihimpun Ayotasik.com dilapangan, di Kecamatan Sodonghilir, ada  tujuh titik longsoran di antaranya persawahan milik warga di Kampung Balengendeong Desa Sukabakti yang menutup Akses jalan utama, longsor di Nangewer Desa Sukabakti yang menimpa rumah bagian belakang yang mengakibatkan kerusakan pada atap dapur.

Titik longsoran lainnya terjadi Binong Desa Cukanjayaguna yang menimpa rumah sdr. Dede Badri (35) yang mengalami kerusakan pada bagian atap dan tembok belakang. Longsor juga yang menimpa rumah Ade supyana (35) warga Galumpit rt 007 rw 001 Desa Cikalong mengalami kerusakan pada atap dan dinding pada bagian belakang rumah.

AYO BACA : Jalan Tertimbun Longsor, Akses Dua Desa Terputus

Material Longsor juga mengakibatkan 1 Unit rumah milik Ihah (40) dan Jaliah (43) warga Taringgul Desa Sepatnunggal yang mengakibatkan rusak pada bagian atap dan dinding pada bagian belakang. Longsor juga terjadi Manjata Desa Sodonghilir yang menutup akses jalan.

"Dalam kejadian longsor di beberapa titik di kecamatan Sodonghilir tidak ada korban jiwa akan tetapi korban mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta," kata Kasat Sabhara Polres Tasikmalaya yang juga sekaligus Tim Tanggap Bencana Daerah AKP. Ali Munanggar, Jumat (10/1/2020).

Sementara di Kecamatan Parungponteng, bencana longsor terjadi Bebedahan Rt 04 Rw 02 Desa Cigujung yang mengakibatkan 1 Unit Rumah Permanen milik Supyan (42) yang dihuni oleh 7 Orang dengan kerugian di taksir sekitar Rp 200 juta.

"Kita sudah terjunkan anggota ke sana untuk membantu masyarakat melakukan evakuasi material longsoran. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk hati-hati dan waspada karena diperkirakan cuaca akhir akhir ini cukup ekstrem," pungkasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar