Yamaha

30 Ribu Pemilih Pemula Punya Hak Suara di Pilbup Tasik 2020

  Kamis, 16 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- KPU Kabupaten Tasikmalaya memprediksi pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020, pemilih pemula yang mempunyai hak suara sebanyak 30.000 orang atau mengalami penambahan 23.000 daripada pelaksanaan pemilu 2019.

Jumlah tersebut cukup besar dan strategis untuk diperebutkan oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pilkada yang akan diselenggarakan September tahun ini. Jumlah yang besar itu juga membuat KPU gencar turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula.

"Sehingga partisipasinya bisa meningkat dan pilkada ini menjadi pembelajaran politik bagi para pemilih pemula," papar Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Tasikmalaya Ai Rocmawati, Kamis (16/1/2020).

Ditambahkan Ai, jumlah pemilih pemula sebanyak 30.000 orang tersebut baru sebatas prediksi awal, namun kemungkinan bertambah bakal signifikan daripada jumlah tersebut. Adapun daftar pemilih tetap (DPT) sampai saat ini sebanyak 1,3 juta jiwa.

“Untuk usia pemilih pemula di pilkada akan meningkat dibanding pada Pemilu 2019, karena pada September nanti dipastikan pemilih yang masuk usia 17 tahun bertambah,” ujar Ai.

Salah satu upaya yang dilakukan KPU, kata Ai, dengan gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula di instansi pendidikan. Namun tak jarang, para pemilih pemula juga sengaja diundang ke kantornya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar