Yamaha

Calon Kandidat Pilbup Tasik Adu Strategi Raih Suara Pemilih Pemula

  Jumat, 17 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi pemilih pemula tengah menentukan hak pilih pemilu. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Jumlah suara pemilih pemula di Pilkada serentak Kabupaten Tasikmalaya 2020 yang jumlahnya mencapai 30 ribu lebih patut direbutkan oleh para calon bupati sebagai lumbung suara pemenangan.

Penasehat Bakal Calon Independen Cep Zamzam dan Padil Karosma (Cekas) Tatang Farhanul Hakim mengatakan, cara yang dilakukan Cekas untuk meraih suara pemilih pemula dengan mendapatkan syarat dukungan KTP-el usia 17 tahun.

"Caranya, rekrutmen pemilih lewat dukungan diambil di semua desa di Kabupaten Tasikmalaya, kita meminta seluruh tim CEKAS, supaya dukungan yang diberikan diambil dari kalangan milinial juga," kata Tatang kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Kemudian juga, lanjut Tatang, tim Cekas mendatangi setiap keluarga atau rumah tangga yang pastinya akan memiliki anak, yang berusia 17 tahun atau milenial.

"Saya juga menempatkan tim yang masih usia muda, agar bisa mengajak teman sebayanya, mendukung dan memilih CEKAS. Termasuk kegiatan CEKAS pun diupload dimedia sosial, sebagai bagian bentuk sosialisasi ke masyarakat," tambah Tatang.

Dihubungi terpisah, Ketua Tim Pemenangan Azis Rismaya Mahfud (ARM) Budi Ahdiat mengatakan, cara yang dilakukan tim ARM untuk menarik suara kalangan pemilih pemula yakni dengan menerjunkan tim Primajasa Masa Depan (PMD).

"Kemudian, ada tim Gerindra Masa Depan (GMD) dan TIDAR, itu yang menangani kalangan milenial dengan gaya dan trik tersendiri. Turun ke lapangan, mengajak untuk mengenal dan memilih ARM," terang Budi.

Sementara itu, Ketua Bappilu DPC PDI-Perjuangan Demi Hamzah Rahadian menuturkan, langkahnya untuk mendapatkan suara pemilih pemula, pertama memunculkan identitas PDI-Perjuangan yang selalu identik dengan partainya anak muda.

"Pemula ini satu segmen pemilih yang seksi dengan pemilih yang cukup signifikan dan akan menguntungkan bagi calon," kata Demi.

Langkah berikutnya, lanjut Demi, menggerakan sayap partai atau OKP seperti taruna merah putih, banteng muda Indonesia, pemuda demokrat dan repdem sebagai garis perjuangan partai PDI-P.

"Yang jelas kita punya tim khusus yang bergerak untuk meraih suara pemuda, dan kita terus sampaikan bahwa PDI-Perjuangan selalu identik dengan anak muda, metal atau merah total," ungkap Demi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar