Yamaha

Pendaftaran Hari Pertama Rekrutmen PPK Dibanjiri Peminat

  Minggu, 19 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Pendaftaran calon PPK di Kantor KPU Kabupaten Tasik, Sabtu (18/1/2020). (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Hari pertama pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dibanjiri puluhan pendaftar. Mereka masuk ruang pendaftaran yang disiapkan panitia di kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (18/1 /2020).

Sejak pukul 08.00 hingga 16:00 WIB, panitia mencatat ada sebanyak 79 pendaftar yang telah mengantre data ke pihak panitia. Berdasarkan pantauan para pendaftar didominasi oleh perempuan.

Setiap pendaftar wajib mengisi formulir elektronik sendiri melalui laptop yang telah disiapkan dengan sistem aplikasi yang terkoneksi nirkabel ke server KPU.

Di samping itu, para pendaftar juga diwajibkan menyerahkan dokumen persyaratan seperti fotokopi KTP-el, surat keterangan setia kepada UU 45 dan Pancasila, ijazah, daftar riwayat hidup dan persyaratan penting lainnya.

"Alhamdulilah, sejak dibuka mulai jam 08.00 hingga pukul 16.00, tercatat ada 79 orang yang mendaftar. Mudah-mudahan antosiasme masyarakat terus berlanjut hingga akhir masa pendaftaran yakni pada tanggal 24 Januari 2020," kata Komisioner KPU Divisi Logistik dan SDM, Istianah didampingi Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin.

Disinggung soal syarat pendaftaran, Jajang menegaskan, untuk menjadi calon anggota PPK ini tidak ada syarat yang memberatkan calon pendaftar.

"Biasanya kan ada syarat kesehatan yang salah satu itemnya butuh investasi besar seperti untuk general check up atau uji laboratorium. Kita di sini hanya butuh keterangan sehat atau surat pernyataan sehat seperti keterangan bebas narkoba," terang Jajang.

Ditambahkan Jajang, paling tidak untuk rekrutmen PPK ini, setiap calon pendaftar hanya butuh mengeluarkan uang sekitar Rp20 ribu rupiah saja untuk persyaratan pendaftaran. Waktu pendafataran, terang Jajang, KPU menyediakan kesempatan selama tujuh hari kalender mulai 18 Januari hingga 24 Januari.

"Tidak ada hari libur. Sekalipun hari Minggu, pendaftaran tetap dibuka," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar