Yamaha

Dinsos Tasik Tak Anggarkan Kebutuhan Penyandang Disabiltas

  Jumat, 31 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi. (Ayobandung.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Desa,  Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Tasikmalaya Eli Hendalia mengakui bahwa tidak ada anggaran khusus untuk mengurus penyandang disabilitas. Namun untuk perlengkapan yang dibutuhkan, dukungan diberikan Kemensos.

Tidak hanya anggaran, kata Eli, pihaknya juga menyadari fasilitas umum seperti trotoar dan taman belum ramah bagi penyandang disabilitas.

"Kita akui untuk anggaran juga tidak ada. Fasilitas umum juga masih belum ramah terhadap penyandang disabilitas," papar Eli melalui sambungan telepon, Jumat (31/1/2020).

AYO BACA : Wakil Ketua DPRD Siap Kawal Anggaran untuk Disabilitas

Selain anggaran, kata Eli, fasilitas umum, fasilitas kesehatan hingga pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya belum menyentuh kebutuhan penyandang disabilitas. Seperti trotoar dibangun masih diperuntukan untuk masyarakat di luar penyandang disabilitas.

"Termasuk fasilitas umum, belum ramah disabilitas. Terima kasih kami selaku dinas sudah diingatkan soal itu," papar Eli.

Pihaknya, lanjut Eli, pada tahun 2020 ini sudah mengkordinasikan terkait infrastruktur yang ramah disabilitas kepada Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman. Termasuk pada penciptaan fasilitas umum yang ramah anak.

"Sudah kita koordinasi dengan Bappeda, dengan PU untuk pembangunan nantinya bisa diadakan fasilitas untuk disabilitas, " paparnya.

AYO BACA : Kabupaten Tasik Dinilai Belum Ramah Disabilitas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar