Yamaha

Menoleh Kejayaan Delman, Alat Transportasi Unggulan Tahun 80an

  Selasa, 04 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Jalan Pasar Baru di Kecamatan Singaparna yang merupakan terminal delman pada tahun 1980-1990an. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Masa keemasan angkutan transportasi delman atau andong di Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, terjadi pada medio tahun 1980 hingga 1990an. Delman menjadi transportasi yang paling diminati masyarakat.

Terminal delman pada masa itu berada di Jalan Pasar Baru, Desa Singaparna, Kecamatan Singaparna. Di jalan sepanjang 500 meter yang berdekatan dengan Pasar Singaparna ini, setidaknya 50an lebih delman mengkal mencari penumpang.

Aos (60),  tokoh masyarakat Pasar Baru menuturkan, pada tahun 1980an, setidaknya ada lebih dari 50 angkutan delman yang mangkal. Pada tahun itu, masih sedikit angkutan umum roda empat maupun ojeg.

AYO BACA : Delman di Singaparna Semakin Tersisihkan

"Masih keneh langki pami angkutan umum mobil, teu jiga ayeuna meni seueur pisan. Kapungkur mah atos we jalan ieu teh terminal delman, " kata Aos.

Terminal delman itu bersebelahan dengan terminal Singaparna yang masih berada satu komplek dengan Pasar Singaparna. Kebanyakan kusir delman berasal dari Kecamatan Leuwisari, Padakembang, dan Cigalontang.

"Bentuk delman benten sareng kapungkur, ayeuna mah ban na oge nganggo tilas mobil. Dulu mah rodana dari kayu," ungkap Aos.

AYO BACA : Andalkan Berjabatan sebagai Akad, Pasar Hewan Singaparna Sudah Berdiri Sejak 1989

Faturohman (54), salah seorang pedagang di Jalan Pasar Baru mengakui bahwa dulu jalan yang digunakan sebagai tempat usahanya ini merupakan terminal Delman. Delman siap mengantar masyarakat yang berbelanja menuju rumahnya masing-masing.

"Bisa nganter ke mana saja, ke Sukarame, ke Leuwisari, Cigalontang. Dulu paling diminati, beda sama sekarang masyarakat banyak pilihan," ucapnya.

Terminal Delman itu, dipindahkan oleh pemerintah daerah seiring pembukaan Jalan Pasar Baru untuk lalu lintas. Akhirnya, terminal delman dipindahkan ke depan Alun-alun Singaparna.

"Jadi pas dibuka jalur lalin, sekitar tahun 2000an kalau tidak salah. Semua dipindah jadi ke depan alun-alun," ujar Faturohman.

AYO BACA : Unik, Komitmen Jual Beli Pasar Hewan Cukup Jabat Tangan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar