Yamaha

Cocok untuk Rekreasi, Warga Minta Alun-alun Masjid Baitulrahman Jadi Ikon Daerah

  Selasa, 04 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Alun-alun Masjid Agung Baitulrahman, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Masyarakat Tasikmalaya kini mempunyai tempat rekreasi yang nyaman dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tempat itu yakni alun-alun Masjid Agung Baitulrahman, Kabupaten Tasikmalaya.

Alun-alun yang berada di Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna ini, setiap harinya, hampir selalu ramai dikunjungi warga. Jika dilihat, alun-alun ini menyerupai Alun-alun Masjid Raya Kota Bandung yang memiliki hamparan rumput sintetis yang kerap dimanfaatkan warga untuk sekedar berjalan-jalan atau beristirahat.

AYO BACA : Menoleh Kejayaan Delman, Alat Transportasi Unggulan Tahun 80an

Nurasiah (44), warga Kecamatan Cigalontang menuturkan bahwa dirinya menyempatkan ke alun-alun setelah melaksanakan salat zuhur di Masjid Baitulrahman. Keindahan alun-alun, sebutnya, bertambah setelah adanya air mancur persis di depan area rumput sistetis.

"Indah, seperti di Alun-alun Masjid Bandung. Jadi masyarakat bisa jalan-jalan di rumput itu. jadi tidak usah ke Bandung cukup ke sini saja," ujar Nurasiah, Selasa (4/2/2020).

AYO BACA : Ery Purwanto, Wakil ketua DPRD Tasikmalaya yang Ahli Menetralisir Bisa Ular

Iman Darisman (35), warga lainnya menuturkan, hanya kebersihan saja yang harus dijaga saat mengunjungi Alun-alun Masjid Baitulrahman. Meski tempatnya terbilang sudah bagus, tidak berarti jika kebersihan tidak dijaga.

"Jadi sudah harus disediakan tong sampah, agar tidak membuang sampah sembarangan. Sudah bagus, tinggal beberapa penataan kecil saja seperti adanya pohon biar tidak panas," kata Iman.

Iman menambahkan, alun-alun yang ada di belakang Masjid Baitulrahman itu patut dijadikan ikon daerah. Kebetulan, ujarnya, Kabupaten Tasikmalaya belum memiliki ikon sebagai ciri khas daerah.

"Jadikan ikon saja. Ditata lebih bagus lagi, biar masyarakat Tasikmalaya bangga ada alun-alun yang bagus, " ujarnya.

AYO BACA : Bagaimana Awal Mula Kopi Tiba di Tanah Jawa?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar