Yamaha

Kabupaten Tasik Segera Miliki TPA Modern

  Sabtu, 08 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Kondisi TPA Nangkaleah setelah terbakar, Selasa (27/8/2019). (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Nangkaleah, Desa Sukasukur, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, akan segera menjadi TPA modern bersistem Sanitary Landfill.

Selama ini, sistem pengelolaan sampah di TPA Nangkaleah masih open dumping atau sebatas pembuangan semata.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (LH) Faisal Soeparyanto menuturkan, secara bertahap TPA Nangkaleah akan mengalami perubahan sistem pengolahan. Dari sebelumnya menggunakan sistem open dumping menjadi sanitary landfill.

Pada tahun ini, pihaknya sedang menyusun Desain Engginering Detail (DED) untuk perubahan sistem itu. Termasuk untuk perluasan lahan TPA menjadi 10 hektare.

"Sekarang baru enam hektare, kita sedang susun DED-nya tahun ini. Ini dilakukan sebagai upaya untuk pengelolaan sampah agar lebih modern," kata Faisal, Sabtu (8/2/2020).

Rencananya, kata Faisal, untuk pembangunan menuju sistem sanitary landfill akan dilaksanakan pada tahun 2021. Dipastikan, pengoperasian TPA nangkaleah dengan operasi sistem pengolahan modern itu akan dilakukan tahun 2022.

"Tahun 2022 kita akan mempunyai TPA dengan sistem pengolahan yang modern yakni pengolahan gas metana menjadi gas yang bisa dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Kita doakan agar tiap tahun kita diberi anggaran, " paparnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar