Yamaha

Dinas Pariwisata Tasik akan Tinjau Patung Ganesha di Batu Mahpar

  Selasa, 11 Februari 2020   Republika.co.id
Objek batu berbentuk Ganesha dan manusia kerdil yang ditemukan di objek Wisata Batu Mahpar, Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. Diduga batu tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Galunggung. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

LEUWISARI, AYOTASIK.COM -- Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya akan mengirimkan tim ke lokasi penemuan sejumlah patung kuno yang ditemukan di objek wisata Batu Mahpar, Kampung Tegalmunding, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari.

Kepala Disparpora Tasikmalaya, Safari Agustin mengaku belum mendapat info detail terkait penemuan patung itu. Namun, dia mengaku, akan segera menerjunkan tim untuk meninjau langsung patung-patung yang diduga memiliki nilai sejarah itu. "Baru dapat info. Besok akan kita turunkan tim ke lokasi," kata dia, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya, ditemukan sebanyak 22 patung berbagai bentuk di kawasan destinasi wisata Batu Mahpar. Satu patung berbentuk ganesha, sisanya berbentuk seperti manusia kerdil dan monyet.

AYO BACA : Batu Berbentuk Ganesha di Obyek Wisata Batu Mahpar Diduga Terkait Kerajaan Galunggung

Sejumlah pengunjung, melihat patung-patung itu dengan antusias. Mereka tampak mengamati patung yang masih berserakan di lokasi penemuan itu.

Salah satu pengunjung yang datang, Fitri (18 tahun) mengaku, sengaja datang karena penasaran dengan destinasi wisata di Batu Mahpar. Namun, dia mengatakan, tak tahu sama sekali bahwa di lokasi itu terdapat patung-patung kuno.

"Kalau batunya kelihatan sudah lama. Tapi patung-patungnya belum, seperti baru dibuat," kata perempuan asal Kabupaten Bandung itu setelah mengamati patung.

Fitri bersama keluarganya sengaja datang ke Batu Mahpar karena tertarik dengan lokasi itu. Setalah datang ke lokasi, dia mengaku, tertarik karena menyimpan banyak sejarah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar