Yamaha

Kampung Pasir Jenjing Terapkan Nilai-nilai Keperamukaan

  Rabu, 12 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Pembuatan terowongan bambu di jembatan Kampung Pasir Jenjing oleh warga sebagai implementasi Kampung Pramuka. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Sebuah kampung di Desa Lengkongjaya, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, yakni Kampung Pasir Jenjing dinobatkan sebagai Kampung Pramuka. Penobatan ini, berdasarkan aspirasi dari Kwartir Cabang (Kwascab) Pramuka Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Engkos Koswara menuturkan, penobatan Kampung Pasir Jenjing menjadi Kampung Pramuka berawal dari kunjungannya ke SD Pasir Jenjing setelah menjadi juara pada lomba gugus depan unggulan.

Dalam kunjungan itu, kata Engkos, ia dan rombongan disambut oleh penerima tamu yang merupakan ibu-ibu rumah tangga memakai baju pramuka. Selain itu, dalam kunjugan itu terdapat bazar atau stan yang menyediakan makanan khas yang merupakan hasil bumi wilayah setempat.

"Pas waktu saya sambutan, spontan saya menyebut Pasir Jenjing sebagai Kampung Pramuka. Dan langsung dapat sambutan meriah warga," papar Engkos melalui sambungan telepon, Rabu (12/2/2020).

Pernyataan itu, lanjut Engkos, diterjemahkan oleh masyarakat dan kelompok pemuda yang tergabung dalam Paguyuban Sadulur dengan melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya pengecatan rumah, bersih-bersih kampung, dan pembuatan terowongan bambu di jembatan Kampung Pasir Jenjing.

"Nah dibentuk juga penamaan-penamaan pramuka, seperti gang siaga, gang penggalan, gang penegak, dan lambang kitri di rumah warga," ungkap Engkos.

Melihat keseriusan itu, lanjut Engkos, amalan atau pelajaran yang ada dalam kepramukaan diterapkan masyarakat, seperti dalam isi Tri Satya ada kalimat ikut serta ikut membangun masyarakat. Isi Tri Satya itu dituangkan dengan masyarakat menjaga lingkungan agar tetap bersih, lalu memanfaatkan halaman rumah dengan menanam bumbu dapur dan apotik hidup.

"Pola prilaku masyarakat juga menerapkan Tri Satya itu. Jadi sekarang dampakya itu empat kampung berikrar untuk menjadi kampung pramuka," papar Engkos.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar