Yamaha

Masyarakat Sariwangi Ragukan Keaslian Batu Ganesha sebagai Peninggalan Sejarah

  Rabu, 12 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Salah satu patung berbentuk manusia kerdil yang ditemukan di objek wisata Batu Mahpar dan diklaim dengan dugaan sebagai peninggalan sejarah. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SARIWANGI, AYOTASIK.COM -- Masyarakat sekitar objek Wisata Batu Mahpar di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, mempertanyakan keaslian batu berbentuk ganesha dan manusia kerdil yang ditemukan di lokasi wisata itu.

Pasalnya, sejak pertama kali batuan itu ditemukan pada tahun 2013, tidak ada arkeolog atau tim ahli yang melakukan pemeriksaan. Terlebih lagi, warga menuturkan lokasi penemuan batu-batu itu pada kurun waktu tahun 1950-an merupakan permukiman.

AYO BACA : Patung Ganesha Diduga Bekas Peninggalan Kerajaan Galunggung Sudah Ditemukan Sejak 2013

"Dari awal pembukaan objek wisata itu, tidak ada ke sini ahli atau peneliti dari arkeolog yang meneliti apakah itu dari zaman dulu atau bagaimana," papar Endang (48), salah seorang warga.

Endang menambahkan, objek Wisata Batu Mahpar sendiri berada di Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari. Sementara jalan atau akses masuk objek wisata berada di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi. Di dua desa itu, kata Endang, tidak ada pemahat atau yang berprofesi sebagai pembuat patung.

AYO BACA : Dinas Pariwisata Tasik akan Tinjau Patung Ganesha di Batu Mahpar

"Kalau cerita dari orang tua dulu, Batu Mahpar itu hutan, penuh dengan pohon besar. Dulu mah ke situ teh merinding tidak berani kalau lewat dari (waktu salat) ashar," papar Endang.

Junaedi (50), warga lainnya mengharapkan, temuan batu berbentuk ganesha dan manusia kerdil itu memang menggemparkan masyarakat. Banyak masyarakat yang penasaran, bahkan ia dan warga yang lainnya melihat langsung ke lokasi penemuan.

"Kalau asli tidaknya saya mah tidak tahu. Tapi penasaran akhirnya kemarin kesana liat. " ungkapnya.

Junaedi berharap, pemerintah melalui badan arkeologi melakukan penelitian dan pemeriksaan terhadap batu itu agar tidak menjadi tanda tanya di masyarakat.

AYO BACA : Batu Berbentuk Ganesha di Obyek Wisata Batu Mahpar Diduga Terkait Kerajaan Galunggung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar