Yamaha

Pelakor, Inovasi Baru Disdukcapil Tasik untuk Layanan Kependudukan

  Rabu, 12 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Selain program Pelakor, Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya juga memanfaatkan mobil keliling untuk mendatangi masyarakat. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya meluncurkan program baru untuk membantu masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan. Program itu bernama Pelayanan Administrasi Kendaraan Bermotor (Pelakor).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data (PD) Uu Saeful Uyun mengatakan, penggunaan nama Pelakor bukan dimaksudkan "merebut lelaki", seperti arti secara umum, melainkan agar masyarakat dapat merespons program ini terlebih bila petugas langsung mendatangi masyarakat.

"Ini merupakan sebuah inovasi jemput bola dari kami guna lebih mendekatkan pelayanan serta meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat," kata Uu, Rabu (12/2/2020).

Ditambahkan Uu, Pelakor ini sudah berjalan sejak awal tahun 2020. pihaknya menyiapkan 12 petugas dengan kendaraan roda dua. Saat ini baru tersedia 7 unit sepeda motor yang berkeliling ke kecamatan yang rendah pendataan kependudukan seperti Kecamatan Bojonggambir dan Taraju.

Pelakor ini, kata Uu, menjangkau hingga ke dusun-dusun yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan roda empat atau mobil. Masyarakat hanya tinggal duduk di rumah, sementara petugas yang "hadir" mengunjungi masyarakat.

"Masyarakat tinggal menyiapkan segala persyaratan, kami yang datang. Wilayah yang kami sasar adalah yang jumlah cakupannya rendah, itu yang jadi sasaran kami," tambah Uu.

Namun, Uu menjelaskan, melalui hasil evaluasi terhadap program beberapa waktu kebelakang, bahwa program memiliki kendala, yakni masalah signal atau jaringan. Ke depan, lanjut Uu, pihaknya akan mengkaji bagaimana secara efektivitas melayani masyarakat untuk kecamatan berikutnya yang akan didatangi oleh para petugas.

"Sinyal menjadi kendala karena secara geografis Bojonggambir sangat luas dan terjal dan paling ekstrim di Kabupaten Tasik," pungkas Uu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar