Yamaha

Saluran Mampet, Air Luber di Perempatan Muktamar

  Kamis, 13 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Kondisi jalan di perempatan Muktamar di Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya basah digenangi air akibat saluran air di jalan mampet. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Volume air yang tinggi setelah sebagian wilayah Kabupaten Tasikmalaya diguyur hujan lebat pada Rabu (12/2/2020), mengakibatkan badan jalan di perempatan Muktamar, Kecamatan Singaparna tergenang air. Genangan air itu sampat menghambat laju kendaraan hingga menyebabkan kemacetan.

Odang (40) warga setempat menuturkan, genangan air yang membasahi badan jalan terjadi karena saluran air yang berada di bawah badan jalan diduga tersumbat.

"Jadi mudal (meluap) airnya, membasahi jalan. Makanya aspal di titik ini suka cepet rusak meskipun ditambal beberapa kali," papar Odang, Kamis (13/2/2020).

Bukan hanya kali ini saja badan jalan di perempatan ini tergenang air. Hampir setiap turun hujan dalam intensitas besar, saluran selalu dalam kondisi mampet.

"Udah sering, tiap hujan selalu begini. Airnya luber ke jalan," ucapnya.

Abidin (48) warga lainnya menuturkan, perbaikan saluran air yang berada di bawah badan jalan terakhir dilakukan tahun 2018. Bahkan material gorong-gorong jalan turut diganti dengan yang baru.

"Tapi tetap saja mampet. Mungkin banyak sampah yang dibawa dari daerah Cisinga. Kalau ini saluran air kecil yang melewati permukiman warga ujungnya itu di irigasi doser," ujar Abidin.

Genangan air di badan jalan itu pun membuat kondisi lalu lintas macet. Pengendara harus melaju dengan pelan sehingga menyebabkan kepadatan. Terlebih lagi, perempatan Muktamar merupakan salah satu titik macet di wilayah Kecamatan Singaparna.

"Disangkanya tadi ada kecelekaan, jadi macet dari Kudang sekitar 1 km. Harus cepat diperbaiki biar lalu lintas tidak tersendat," kata Deden (34) salah satu pengendara.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar