Yamaha

DPRD Kabupaten Tasik Optimalkan Fungsi Legislasi, Budgeting, dan Pengawasan

  Kamis, 13 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Kantor DPRD Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi mengatakan, fokus kerja DPRD di tahun ini dioptimalkan sesuai dengan fungsi dewan baik legislasi, budgeting, dan pengawasan.

Dalam fungsi legislasi, kata Asep, pihaknya menargetkan terealisasinya peraturan daerah (Perda) lebih dari lima, baik usul inisiatif dewan atas aspirasi masyarakat ataupun usul eksekutif dinas terkait.

"Target realisasi pembentukan Perda juga disesuaikan dengan anggaran yang ada di DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Nanti di anggaran perubahan kita juga punya target bisa menambah pembentukan perda," target Asep, Kamis (13/2/2020).

Sementara fungsi pengawasan sangat penting dilakukan karena menyangkut implementasi pengawasan baik APBD pemerintah daerah yang sudah direncanakan atau kerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang sedang berjalan.

"Jangan sampai kejadian di APBD 2019 lalu, banyak serapan anggaran yang kurang maksimal. Kita maksimalkan lagi agar tepat sasaran dan terserap dengan baik sesuai aturan," ujar Asep.

Ditambahkan Asep, pada fungsi budgeting, DPRD merumuskan kembali anggaran perubahan 2020 sesuai aspirasi masyarakat dan perencanaan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Termasuk kita persiapkan juga e-planning rencana anggaran pemerintah daerah untuk tahun 2021," kata Asep.

E-planning atau perencanaan kerja untuk tahun 2021 sudah direkap pada tahun ini. E-planning sendiri sesuai dengan aspirasi masyarakat, baik yang melalui dewan dan eksekutif atau yang menjadi program strategis pemerintah daerah.

"Sesuai aspirasi masyarakat masing-masing daerah pemilihan lewat perorangan anggota dewan," jelas Asep.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar