Yamaha

Banprov Jabar Tahun 2021 Senilai Rp10 Triliun

  Kamis, 13 Februari 2020   Dede Nurhasanudin
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam agenda Kopdar di Jatiluhur, Purwakarta, Kamis (13/2/2020). (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA, AYOTASIK.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima curhatan para kepala daerah mengenai pembangunan yang bakal mendapatkan bantuan Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2021.

Dia mengatakan, dari 27 wali kota/bupati yang mengajukan permohonan bantuan untuk tahun 2021, mayoritas anggaran diajukan untuk pembuatan jalan hampir 60%. Selanjutnya, ajuan-ajuan itu terkait masalah kesehatan, seperti pembangunan rumah sakit umum daerah.

"Jadi, kalau ada 27 daerah dikali lima permohonan, totalnya ada 135 permohonan, yang salah satunya memang ada akses tol Purwakarta," ungkap dia, usai acara Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) di Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/2/2020).

Dia menyebut, hasil dari kalkulasi secara keseluruhan kabupaten/kota se Jawa Barat sekitar Rp10 triliun untuk bantuan di 2021 skala prioritas.

"Kalau tahun lalu provinsi memberikan bantuan ke 27 daerah sebesar Rp7 triliun, 2021 ada peningkatan," kata pria akrab disapa Emil itu.

Emil menyarankan kepada para kepala daerah untuk pintar-pintar dalam melobi terutama ke para anggota DPRD Jabar.

"Siapa yang pintar melobi ke anggota DPRD ya pasti dapat agar di 2021 bisa langsung terealisasi. Kalau bisa juga di setiap pemda ini bentuk tim lobi," ujar Emil.

Sementara, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, pihaknya mengajukan pembangunan penunjang infrastuktur pengembangan destinasi wisata, satu di antaranya di Rengasdengklok sebagai salah satu wisata sejarah.

"Kami juga mengajukan peningkatan infrastuktur jalan karena memang masih ada tugas lanjutan Johar-Gempol yang perlu bantuan dari Pak Gubernur sepanjang 6 kilometer. Jadi total anggaran yag kami ajukan ke Pak Gubernur sebesar Rp106 miliar," ujar dia.

Di samping itu, Gubernur Jawa Barat juga akan membangun alun-alun di Karawang, lalu Karawang Creative Center pada 2021. "Dalam prosesnya mudah-mudahan lancar dan sesuai rencana," kata Cellica.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar