Yamaha

Pantau Perilaku Buang Sampah Masyarakat, Tasikmalaya Ingin Terapkan CCTV

  Kamis, 13 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi -- tilang elektronik. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Persoalan sampah di Kabupaten Tasikmalaya bukan hanya urusan pemerintah. Masyarakat juga harus ikut andil, baik dengan cara menjaga kebersihan sampai mengelola sampah dengan baik sehingga tidak menjadi persoalan lingkungan, kesehatan hingga bencana.

Sementara di pemerintahan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya mempunyai peran utama mengurusi persoalan ini. Selain gencar menyosialisasikan masalah sampah dan pengelolaannya kepada masyarakat, dinas juga berkeinginan menebitkan aturan berupa peraturan bupati (perbup) tentang sanksi bagi pembuang sampah yang sembarangan.

"Selain ada UGD sampah, revitalisasi TPA sampah, kita juga inginkan ada perbup yang mengatur soal persampahan dan sanksi untuk yang melanggar. Jadi ada efek jera di masyarakat," papar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Faisal Soeparyanto, Kamis (13/2/2020).

Selain menerbitkan perbup, kata Faisal, pihaknya juga berencana akan menempatkan CCTV di titik-titik yang sering dipakai untuk pembuangan sampah liar. Nantinya, pemantauannya bahkan berada di kendali bupati.

"Jadi kita berencana identifikasinya sesuai dengan NIK. Begitu ketauan namanya, langsung ketauan NIK-nya. Mirip seperti tilang online lah begitu kira-kira," ucapnya.

Berbagai program terobosan itu, kata Faisal, direncanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup agar sampah ke depan bisa dikelola dengan baik dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar