Yamaha

KPU Kabupaten Tasik Siap Hitung Syarat Dukungan Calon Perseorangan

  Kamis, 13 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi dan simulasi penyerahan berkas dukungan bakal pasangan bupati/wakil bupati Tasikmalaya tahun 2020 di kantor KPU, Kamis (13/2/2020). Hal itu dilakukan karena semakin dekatnya jadwal penyerahan berkas dukungan dalam hajat politik ini. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi dan simulasi penyerahan berkas dukungan bakal pasangan bupati/wakil bupati Tasikmalaya tahun 2020 di kantor KPU, Kamis (13/2/2020). Hal itu dilakukan karena semakin dekatnya jadwal penyerahan berkas dukungan dalam hajat politik ini.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Bawaslu, Polres Tasikmalaya, Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya, Satpol PP, Dishub dan tim LO dari calon perseorangan bupati/wakil bupati Tasikmalaya.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin menjelaskan, tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi dan simulasi untuk persiapan tahapan penyerahan syarat dukungan yang diserahkan bakal calon perseorangan ke KPU pada 19-23 Februari mendatang.

"Kita membutuhkan legitimasi dan kepercayaan dari masyarakat supaya tidak ada prasangka buruk bahwa KPU bermain di pilkada. Kita sangat terbuka, sehingga melibatkan banyak pihak," terang Jajang.

Ditambahkan Jajang, baik Bawaslu, Polres Tasikmalaya, Kejaksaan, Satpol PP, Dishub, termasuk LO tim bakal calon perseorangan akan menyaksikan perhitungan secara manual jumlah dukungan calon perseorangan yang dilakukan KPU.

Berdasarkan catatan KPU, lanjut Jajang, setidakna ada dua pasang bakal calon perseorangan yang akan menyerahkan syarat dukungan yakni Cep Zamzam bersama pasangannya Padil Karsoma (CEKAS) dan Andri Agustian bersama pasangannya Ervan Suryana (ANDER).

KPU pun, jelas Jajang, akan mencoba menghitung manual lembar B2KWK atau jumlah syarat dukungan dan jumlah sebaran bakal calon perseorangan sebelum dilanjutkan keĀ  proses selanjutnya.

"Submit data dukungan ke Sistem Informasi Calon atau Silon KPU akan dilakukan, disaksikan oleh semua pihak. Nanti syarat dukungan calon perseorangan akan dihitung secara manual jumlah dukungannya, dihitung sampai selesai tidak ada jeda," terang dia.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan, peran pengawasan Bawaslu dalam tahapan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan adalah mengawasi proses penghitungan jumlah dukungan secara manual.

"Kita akan mengawasi terkait dengan penghitungan jumlah syarat dukungan bakal calon perseorangan. Kita harusi pastikan bahwa lembar syarat dukungan benar dan sesuai aturannya," terang Dodi.

Kemudian, tambah Dodi, Bawaslu juga setelah dapat memastikan calon perseorangan yang lolos dalam tahapan penyerahan syarat dukungan, akan melaksanakan pengawasan faktual.

"Kita juga akan turun ke lapangan memastikan, rumah dan KTP-nya asli, sesuai aturan," papar Dodi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar