Yamaha

Gubernur Jabar Harap Sekda Baru Bisa Memupuk Hubungan dengan Pusat

  Jumat, 14 Februari 2020   Nur Khansa Ranawati
Prosesi pelantikan Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/2/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

BANDUNG, AYOTASIK.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memupuk sejumlah harapan bagi Sekretaris Daerah Jawa Barat definitif, Setiawan Wangsaatmaja yang baru dilantik di Gedung Sate Bandung, Jumat (14/2/2020). Salah satunya adalah menjalin hubungan baik dengan pemerintah pusat dan jajaran kementriannya.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, hubungan baik tersebut dapat terjalin dengan lebih lancar mengingat sosok Setiawan telah cukup lama mengemban tugas di pemerintahan pusat. Setiawan tercatat menduduki jabatan sebagai Deputi Bidang SDM Apararatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sejak April 2013.

Oleh karenanya, Emil berharap Setiawan dapat membawa benih keadilan fiskal bagi Jabar yang tercatat memiliki penduduk terbanyak se-Indonesia melalui bantuan anggaran.

"Titik berat kami ingin mendapat keadilan fiskal dari pusat semaksimal mungkin. Dengan jaringan Pak Iwan di kementrian, lobi-lobi itu bisa menghasilkan dukungan bantuan," ungkap Emil ketika ditemui selepas pelantikan.

"Sehingga APBD Jabar yang terbatas ini mudah-mudahan di jaman Pak Iwan bisa terakselerasi, bertambah berlipat-lipat bantuannya," tambahnya.

Selain itu, dia juga menaruh kepercayaan terhadap sosok Setiawan karena dinilai sebagai "orang lama" di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Setiawan pernah menduduki jabatan selama 7 tahun sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar.

"Untuk itu saya beri waktu selama 7 hari untuk melakukan safari, memperkenalkan diri ke semua elemen yang akan menjadi tanggungjawabnya. Setelah itu langsung ngabret," jelas Emil.

Kepercayaan serupa juga disampaikan Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat. Dia mengaku optimis terhadap sekda baru bila berkaca dari pengalamannya.

"Saya baru ketemu sekali, tapi saya yakin dengan beliau karena sudah sapai jadi Deputi di Menpan RB, pangkatnya juga tertinggi. Beliau juga terpilih sesuai prosedur, saya optimis," ungkapnya.

Sementara itu, Setiawan mengatakan salah satu fokus kerjanya adalah mewujudkan reformasi birokrasi. Hal tersebut dilakukan demi pelayanan publik yang lebih baik.

"Yang pertama adalah bagaimana reformasi birokrasi ini bisa berjalan di Jabar dan akhirnya pelayanan publik bisa jadi lebih baik. Itu amanat yang akan saya pegang betul," ungkapnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar