Yamaha

Badan Jalan Muktamar Berlubang Membahayakan Pengandara

  Jumat, 14 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Kondisi jalan di perempatan Muktamar, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, yang mengalami kerusakan diduga imbas rendaman air akibat saluran air di jalan yang mampet. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Akibat air yang meluber dari saluran mampet, badan jalan di perempatan Muktamar, Kecamatan Singaparna rusak. Kerusakan ditandai dengan adanya beberapa lubang dengan kedalaman bervariasi.

Adanya lubang di badan jalan membuat pengendara harus mengurangi kecepatan. Akibatnya, laju kendaraan sering tersendat terlebih kendaraan datang dari empat arah.

Odang (40) warga setempat mengatakan, pasca surutnya air, di badan jalan terlihat beberapa lubang berbagai ukuran. Kondisi ini tentunya membahayakan pengendara terutama roda dua.

"Belum pernah ada kejadian, tapi kalau malam hari bahaya. Makanya kita tandai dilubang itu dengan kayu yang dibungkus karung," papar Odang, Jumat (14/2/2020).

AYO BACA : Saluran Mampet, Air Luber di Perempatan Muktamar

Odang menambahkan, baru sekitar satu bulan lalu beberapa lubang di badan jalan ditambal oleh petugas. Namun karena sering tergenang air, tambalan aspal pun mengelupas.

"Baru satu bulan kayaknya. Tapi sekarang sudah rusak lagi. Waktu hanya ditambal beberapa lubang dan kerusakan," ungkap Odang.

Dihubungi terpisah, Kabid Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman (PUTRPP) Kabupaten Tasikmalaya Atep Dadi Sumardi mengatakan, jalan Muktamar merupakan jalan nasional. Dalam perawatan dan perbaikannya pun dilakukan oleh pemerintah pusat.

"Itu statusnya jalan Nasional, jadi kita tidak bisa perbaiki itu. Paling kita hanya mengusulkan saja, kewenangan ada di pemerintah pusat, " ujar Atep.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar