Yamaha

Urus Administrasi Kependudukan Cukup Datang ke Kecamatan

  Sabtu, 15 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Selain meluncurkan program Pelayanan Administrasi Kendaraan Bermotor, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga terus mendekatkan dan memudahkan pelayanan untuk masyarakat. Yakni, pengurusan administrasi kependudukan dilakukan di Kecamatan.

Sebelumnya, masyarakat yang ingin melakukan pengurusan administasi bagi KTP Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Pengurusan Permindahan Domisili dan Kartu Identitas Anak (KIA) selalu dikakukan di Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang ada di Jalan Pemuda Kota Tasikmalaya.

"Sekarang cukup datang ke Kecamatan, tidak perlu berangkat ke Dinas. Kami ingin masyarakat lebih dekat mengakses pelayanan kependudukan, " kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data (PD) Uu Saeful Uyun, Sabtu (15/2/2020).

Sementara untuk akta kelahiran, kata Uu, pihaknya belum bisa melakukan pelayanan di kecamatan, karena keterbatasan bandwith. Namun kedepan pihaknya akan mengkaji sistem dan teknisnya sehingga bisa dilakukan di Kecamatan.

"Ke depan kita akan urus secara teknis dan sistemnya agar pengurusan akta kelahiran juga bisa dilakukan ditingkat kecamatan, " ucapnya.

Sementara soal pencetakan KTP-el yang sudah direkam, Uu mengatakan, dilakukan secara bertahap. Sedikitnya ada 72 ribu warga yang saat ini memegang Surat Keterangan (Suket) karena blangko KTP belum tersedia. Namun pihaknya secara bertahap melakukan pencetakan.

"Kemarin tahap pertama 14.400 kita cetak, tahap kedua sebanyak 15.000 buah. Kita lakukan bertahap karena kita juga dikasih blangkonya bertahap, " ujar Uu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar