Yamaha

Pemkab Tasikmalaya Wacanakan Kartu Sakti Santri

  Selasa, 18 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berencana akan meluncurkan kartu sakti yang multi bagi santri. Bukan hanya sebagai identitas, kartu ini dikerjasamakan dengan perbankan dan sejumlah lembaga.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menuturkan, dengan kartu sakti santri ini, pemegang bisa mendapat berbagai kemudahan, mulai dari akses literasi, ATM, e-money, dan kepraktisan lainya.

"Kami inginkan di manapun santri itu berada, dengan menunjukan kartu santri mereka mendapat fasilitas pelayanan kesehatan saat sakit dan harus dirawat," ujar Ade, Selasa (18/2/2020).

Mematangkan rencana itu, pemerintah akan mendata keseluruhan santri di wilayahnya. Namun secara teknis masih didiskusikan untuk menghasilkan data yang valid.

"Kita terus berdiskusi untuk mematangkan wacana kartu santri dengan dimulai dari pendataan santri," ucap Ade.

Selain kartu saksi santri, pemerintah berupaya memberikan jaminan kesehatan bagi orang tua yang mempunyai anak penghapa Alquran.

"Dengan cara seperti ini, saya kira dapat mendongkrak minat orang tua untuk membangun anak-anaknya hafal Alquran dan menjadi tren di masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Kita tidak hanya ingin membangun minat tetapi juga bagaimana memelihara dan menghargai para penghafal Alquran di masyarakat," pungkas Ade.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar