Yamaha

KPU Kabupaten Tasik Jaring Anggota PPS

  Selasa, 18 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Para pendaftar anggota PPS untuk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Setelah perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten Tasikmalaya kini membuka perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai penyelenggara pemilu di tingkatan desa untuk pilkada September mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin menjelaskan, PPS hasil penjaringan akan bertugas di 351 desa yang ada di 39 kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya.

Pendaftaran seleksi administrasi bagi calon anggota PPS, dibuka dari tanggal 18 hingga 24 Februari 2020 mendatang.

"Jadi pada saat ini kami sudah membuka pendaftaran PPS sejak 18 Februari hingga 24 Februari 2020," kata Zamzam, Selasa (18/2/2020).

Nantinya, kata Zamzam, kebutuhan di setiap desa mempunyai 3 orang anggota PPS. Bila dikalkulasikan maka jumlahnya sebanyak 1.053 orang. Untuk antisipasi, KPU menargetkan pendaftar minimal 6 orang per desa.

Dalam tahap perekrutan, lanjut Zamzam, semua berkas pendaftar calon PPS bakal diteliti. Calon yang lolos nantinya diumumkan secara terbuka guna mengikuti tahap selanjutnya yakni seleksi tertulis.

"Memudahkan para calon PPS, maka seleksi dilaksanakan per kecamatan. Hal itu mengingat luas wilayah dan jarak tempuh bisa tes tertulis dipusatkan di pusat pemerintahan," tambahnya.

Salah seorang pelamar PPS dari Desa Cikunir, Kecamatan Singaparna, Feni Koesdini mengaku baru pertama kali melamar menjadi petugas penyelenggara pemilu. Sebagai persiapan, dia mulai mempelajari politik, undang-undang pemilu, dan tugas pokok fungsi (tupoksi) PPS.

"Persiapannya mental saja. Awalnya belum terlalu suka politik, tetapi akan mencoba dan optimis masuk. Ini pertama kali saya ikut daftar sebagai PPS," ujar Feni.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar