Yamaha

Irigasi Penting Dalam Menunjang Pertanian

  Kamis, 20 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi pertanian. (ist)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman (PUTRPP) Kabupaten Tasikmalaya menyatakan bahwa pembangunan irigasi sama pentingnya dengan pembangunan jalan. Irigasi merupakan modal dalam penunjang sektor pertanian.

Kadis PUTRPP Kabupaten Tasikmalaya Yusep Yustisiawandana menuturkan, irigasi merupakan infrastruktur penunjang yang meningkatkan produktivitas dan intensitas area persawahan setiap tahun. Di saat irigasi baik dan air mengalir dengan deras, akan berpengaruh pada hasil panen petani.

“Air terkontrol dan mengalir bagus akan berdampak pada peningkatan produksi padi. Irigasi itu media penyaluran air jadi kondisinya harus bagus," papar Yusep, Kamis (20/2/2020).

Selain kondisi irigasi bagus, kata Yusep, dalam mendukung sektor pertanian, diperlukan juga pelestarikan lingkungan, terutama kawasan Daerah Aliran Sungai (Das).

Pengelolaan lingkungan hidup yang baik akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitarnya, terutama pada pemanfaatan air untuk irigasi teknis.

“Agar produktivitas padi dapat efektif dalam satu satuan luas lahan, maka dibutuhkan suplai air yang cukup melalui irigasi baik,” ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar