Yamaha

Kapolsek Cipatujah Pastikan Tidak Ada Kerusakan Akibat Gempa

  Jumat, 21 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Shakemap gempa Tasikmalaya oleh BMKG.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kapolsek Cipatujah Iptu Rohmadi mengatakan, hingga pukul 14.00 WIB, tidak ada laporan kerusakan akibat gempa tektonik yang terjadi pada, Jumat (21/2/2020) sekitar pukul 07.57 WIB.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi yang terjadi berkekuatan 4,9 SR. Episenter terletak pada koordinat 8,17 LS dan 107,50 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 112 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya.

Kedalaman gempa berada di 11 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

"Sampai siang ini tidak ada laporan kerusakaan. Kami langsung monitor paska terjadinya gempa," kata Rohmadi melalui sambungan telepon.

Rohmadi menuturkan, warga di pesisir pantai selatan Tasikmalaya ada yang merasakan guncangan gempa dan tidak. Pasalnya, saat kejadian aktivitas masyarakat sedang cukup padat.

"Ada yang merasakan ada juga yang tidak. Karena masyarakat lagi aktivitas. Saya juga merasakan tapi tidak terlalu besar, " papar Rohmadi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar