Yamaha

Longsor TPT di Garut Diduga karena Kontruksi Bangunan yang Buruk

  Jumat, 21 Februari 2020   Republika.co.id
TPT di pinggir jalan nasional, tepatnya di Jalan Raya Limbangan, Desa Cijolang Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, mengalami longsor pada Jumat (21/2/2020) pagi. (Republika/dok. BPBD Garut)

GARUT, AYOTASIK.COM -- Sebuah tembok penahan tebing (TPT) di Jalan Raya Limbangan, Kabupaten Garut, mengalami longsor pada Jumat (21/2/2020).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Garut AKP Asep Nugraha mengatakan, longsor itu terjadi pada sekira pukul 08.00 WIB. Menurut dia, kejadian itu tak mengganggu arus lalu lintas kendaraan dari arah Bandung ke Tasikmalaya atau sebaliknya. Begitu juga tak dilaporkan ada korban jiwa atas peristiwa.

"Karena longsoran tak sampai ke badan jalan. Hanya di bahu jalan, sekira 1 meter dari badan jalan," kata dia, Jumat.

Dia menduga, ambruknya TPT di bawah Perum Pondok Indah Palasari Cijolang, Desa Cijolang Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, itu disebabkan karena konstruksi bangunan kurang kuat. Sementara hujan terus terjadi dengan intensitas tinggi di wilayah itu. Karena itu, TPT tersebut mengalami longsor.

AYO BACA : Longsor di Garut Bersamaan dengan Gempa Tasik

"Kata warga sekitar ini sudah dua kali terjadi longsor. Namun kali ini lebih besar," kata dia.

Asep memastikan, petugas di lapangan dapat melakukan evakuasi dengan cepat. Dia menambahkan, proses evakuasi material longsoran tidak akan mengganggu lalu lintas.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan, sebelum mengalami longsor, TPT yang berada di wilayah Perum Pondok Indah Palasari Cijolang, Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan tersebut. Setelah gempa, terjadi gerakan di TPT itu.

"Longsor terjadi setelah ada gempa pukul 07.57 WIB. Setelah TPT retak, lalu ambrol ke pinggir jalan," kata dia, Jumat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar