Yamaha

Perpindahan Pasar Singaparna Belum Pasti

  Sabtu, 22 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Pasar Singaparna. (Ayotasik.com/Irpan Wahab)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Perpindahan pasar Singaparna Kabupaten Tasikmalaya sepertinya tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya hingga saat ini, lahan yang sedianya untuk pasar dan terminal belum rampung dibebaskan.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindah) Kabupaten Tasikmalaya Agus Sutisna mengatakan, lahan relokasi pasar yang ada di Cilampung Hilir Kecamatan Padakembang belum dibebaskan seluruhnya. Terutama untuk akses menuju pasar dan terminal.

"Akses untuk menuju pasar itu belum selesai dibebaskan jadi sampai saat ini, lahannya belum siap. Karena sempat ada permasalahan dengan warga sebagai pemilik lahan," kata Agus kepada wartawan, Sabtu (22/2/2020).

Soal kesiapan anggaran, Agus menambahkan, tahun ini ada bantuan dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan pasar Singaparna. Namun karena lahannya belum siap, kemungkinan anggaran itu tidak akan terserap.

"Karena peruntukannya untuk pembangunan pasar. Sedangkan lahannya saja belum siap. Masih berupa kolam dan sawah," kata Agus.

Awalnya, kata Agus, target penyelesaian pembangunan pasar yang baru du Desa Cilampung hilir selesai pada tahun 2021 mendatang. Namun jika melihat kondisi saat ini, target itu tidak mungkin tercapai.

Sementara itu, untuk perbaikan pasar Singaparna yang saat ini ada, Agus menegaskan tahun ini tidak ada anggaran untuk perbaikan. Mengingat adanya rencana perpindahan atau relokasi pasar.

"Dilihat dari ketersediaan lahan, relokasi pasar tidak mngkin sesuai target. Pasar yang ada saat ini pun tidak akan diperbaiki," ucapnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar