Yamaha

Ini Kuliner Wajib Dicoba Saat Kunjungi Tasikmalaya

  Selasa, 25 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Soto Pataruman. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki kekayaan kuliner. Bagi penggila kuliner, Tasikmalaya patut dikunjungi agar santapan khas daerah ini bisa dicoba.

Ayotasik.com mencoba merangkum beberapa kuliner yang terkenal di Tasikmalaya. Jenis kuliner ini bahkan sudah ada sejak tahun 1950-an dan bertahan hingga saat ini.

1. Nasi TO
Kuliner khas Tasikmalaya yang mudah ditemui yakni Nasi Tutug Oncom (TO). Nasi TO khas Tasikmalaya sudah dikenal luas masyarakat. Nasi yang dipadukan dengan oncom ditambah bumbu lain seperti jahe, kencur, bawang putih dan garam ini bisa dijadikan menu sarapan, makan siang, atau makan malam.

Warung yang menyediakan nasi TO ini pun mudah ditemukan, mulai dari wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Namun ada satu wilayah yang dijadikan sentra Warung TO yakni Komplek Dadaha Kota Tasikmalaya.

2. Kupat Tahu
Kuliner lainnya yang tidak kalah terkenal enak di Tasikmalaya yakni kupat tahu. Dari sekian banyak kupat tahu yang dijajakan, ada satu warung yang menyediakan kupat tahu yang dikenal kenikmatannya, yakni kupat tahu Mangunreja.

Kupat tahu Mangunreja ini sudah ada sejak tahun 1955. Pengelolaannya kini berada di tangan generasi ketiga. Warung kupat tahu mangunreja berada di Desa Toblongan, Kecamatan Mangunreja, atau berjarak 2 kilometer arah berangkat dari Kecamatan Singaparna.

Bedanya dari kupat tahu lainnya, kupat tahu mangunreja memiliki ciri khas tersendiri. Yakni, beras yang digunakan untuk kupat memiliki kualitas bagus, ditanak dengan menggunakan kayu bakar selama 6 jam.

Selain itu, bumbu yang disajikan pun tampak kental perpaduan rempah-rempah seperti bawang daun, kacang tanah, parutan kelapa, cabe, garam, gula aren, asem dan santan.

Sementara kacang tanah dihaluskan dengan cara ditumbuk, tidak dihaluskan dengan mesin penggiling listrik. Pengolahan bumbu kacang ini memakan waktu 3 jam.

3. Bakso Laksana

Sama seperti halnya warung Nasi TO, warung bakso mudah ditemukan di setiap sudut Tasikmalaya. Mulai dari penjual bakso di gerobak hingga di toko-toko atau kedai. Namun dari banyaknya penjual itu, Bakso Laksana konon merupakan bakso paling enak di Tasikmalaya.

Berada di Jalan Pemuda Nomor 5, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Bakso Laksana sering menjadi buruan para pecinta bakso, baik dari Tasikmalaya atau luar Tasikmalaya. Bukan hanya rasanya yang konon enak dan bikin ketagihan, tetapi bangunan yang tua di mana bakso ini dijual memberi kesan tersendiri pagi penikmat bakso.

Penyajian bakso pun cukup berbeda dengan kedai bakso lainnya. Kuah dan bakso dipisahkan dengan mie bertabur daging cincang, ditambah pangsit. Penyajian bumbu tambahan seperti kecap, sambal tidak ditempatkan wadah umumnya, melainkan disimpan dalam tempat kecil terpisah.

4. Pecel Oranye

Selain kuliner Bakso Laksana, ada juga kuliner yang sudah puluhan tahun hadir di Tasikmalaya, namanya Pecel Oranye. Pecel ini dijual di Jalan Empang, Kelurahan Empangsari, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Kuliner ini sudah ada sejak zaman Belanda atau sekitar tahun 1925.

Sayuran segar yang terdiri dari kol, kacang panjang, tauge, dan sayuran lainnya, pada pembuatan pecel, disiram dengan bumbu kacang yang halus atau berbeda dengan pembuatan pecel umumnya, yang diaduk antara bumbu kacang dan sayuran di atas cobek.

Selain menyajikan pecel, warung yang konon menjadi tempat makan "noni Belanda" ini juga menyajikan gado-gado dan rujak cuka.

5. Soto Pataruman

Warung Soto Paturaman berada di Jalan Pataruman No. 23, Kelurahan Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Kuah soto yang konon sudah ada sejak tahun 1960-an ini juga sedikit encer. Isi dari soto juga sangat melimpah dengan berisi suwir daging ayam kampung, ati ampela, telor, ceker irisan daun bawang, dan kedelai goreng.

Kuah yang berasal dari santan kepala ditambah dengan isian soto yang melimpah membuat rasa yang dihasilkan sangat berbeda dengan soto-soto buatan warung soto lainnya. Kuah yang didominasi santan kelapa membuat rasa gurih, namun dengan kadar yang pas. Hal itu yang membuat banyak penikmat soto yang ketagihan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar