Yamaha

Kepesertaan BPJS Kabupaten Tasik 2020 Capai 68 Persen

  Kamis, 27 Februari 2020   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi BPJS Kesehatan.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Tingkat kepesertaan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan Kabupaten Tasikmalaya terendah di Jawa Barat. Hingga awal tahun 2020 ini, baru 68 persen dari 1,7 juta penduduk Kabupaten Tasikmalaya yang sudah menjadi kepesertaan BPJS kesehatan.

Kepala BPJS Kabupaten Tasikmalaya Erdiansyah menuturkan, pada penutupan tahun 2019 lalu tercatat baru 64 persen tingkat kepesertaan BPJS. Angka itu meningkat pada awal tahun 2020 menjadi 68 persen.

"Masih diangka 68 persen. Kenaikannya itu hanya dua persen dari akhir tahun kemarin, " kata Erdiansyah, Kamis (27/2/2020).

Erdiansyah menambahkan, masih rendahnya kepesertaan BPJS kesehatan ini, Kabupaten Tasikmalaya menjadi kota/kabupaten terendah tingkat kepesertaan BPJS. Tertinggal dari Kota/Kabupaten lain seperti Garut dan Ciamis.

Pihaknya, kata Erdiansyah, sudah melakukan kordinasi dengan Pemkab Tasikmalaya untuk menggenjot tingkat kepesertaan.

"Kita jadi terendah, kita sudah berkordinasi dengan Pemkab Tasik. Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai 100 persen, " tambahnya.

Sementara itu, Kasi Jaminan Kesehatan pada Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Rasikin menuturkan, pihaknya telah berupaya maksimal untuk menjaring kepesertaan BPJS kesehatan. Diantaranya melakukan sosialisasi pentingnya mengikuti BPJS kesehatan kepada masyarakat.

"Kita akan upayakan lagi untuk sosialisasi secara maksimal. Target kita tahun lalu meleset dari 100 persen. Mudah-mudahan tahun ini bisa tercapai, " ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar