Yamaha

Tips Menghemat Uang Gajian!

  Kamis, 27 Februari 2020   Vina Elvira
ilustrasi. (Pixabay)

SINGPARNA, AYOTASIK.COM -- Gajian, merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Sebagian dari Anda mungkin bakal melampiaskan hasrat yang tertahan pada momen ini, misalnya berbelanja. Namun terkadang, saat terlalu fokus menghabiskan uang, esensi terpenting dari gajian itu terlupakan, yaitu menabung.

Apabila Anda selalu kehabisan uang di akhir bulan, padahal gaji Anda pun sebenarnya sudah lebih dari cukup. Bisa jadi, itu karena Anda tidak pandai mengelola keuangan, sehingga berapapun uang yang Anda punya, akan selalu habis dan Anda akan sulit untuk menabung.

Untuk menghindari hal tersebut, ini tips mengelola keuangan dengan mudah, agar Anda tidak boros dan bisa menabung lebih banyak setiap bulannya. Melansir dari Themuse, Jumat (21/2/2020) berikut tips mengelola keuangan dengan mudah:

1. Tentukan Keinginan Secara Spesifik

Anda akan lebih mudah menabung, apabila apa yang Anda inginkan lebih spesifik. Seperti menabung untuk liburan ke destinasi impian, modal menikah, atau uang muka untuk menyicil rumah.

Apabila Anda punya keinginan yang lebih sederhana, seperti laptop atau handphone baru, hal tersebut juga harus dicatat secara spesifik berapa nominalnya. Nah, setelah keinginan itu tercapai, Anda harus menetapkan daftar keinginan lain. Besar atau kecil nominalnya, yang terpenting Anda harus selalu memiliki tujuan untuk apa Anda menabung.

Sebab, apabila Anda tidak memiliki keinginan yang spesifik, tabungan yang Anda punya bisa dipakai oleh Anda sendiri. Untuk keperluan yang mungkin tidak terlalu penting.

2. Catat Setiap Pengeluaran Anda

Terlepas dari seberapa besar target menabung Anda, Anda perlu tahu ke mana semua uang Anda pergi.

Untuk melakukan ini, pada hari pertama bulan depan, lihat kemana saja uang Anda dihabiskan pada bulan sebelumnya, masukkan hal-hal penting dan tidak penting ke dalam daftar yang berbeda. Daftar penting, merupakan pengeluaran tetap seperti membayar tagihan internet, belanja bulanan, dan lain-lain. Daftar tidak penting merupakan hal-hal yang tidak perlu selalu Anda lakukan setiap bulan, seperti nonton konser, makan malam di tempat mewah, dan belanja keperluan fashion seperti baju, tas, dan sepatu.

Jika mencatat pengeluaran secara manual terlihat menyusahkan, ada sejumlah aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mencatat dan mengatur pengeluaran setiap bulannya. Hal tersebut sangat membantu Anda untuk berhemat, karena Anda tahu kemana saja uang Anda pergi dan tidak akan menghamburkannya.

3. Menabung Secara Otomatis

Setiap bulan, jadwalkan sejumlah uang untuk ditransfer secara otomatis ke rekening tabungan Anda. Taktik ini memudahkan Anda untuk menabung, karena setiap bulannya uang tersebut disisihkan secara otomatis ke rekening tabungan Anda. Jadi, Anda tidak perlu takut gaji Anda akan terpakai tanpa menyisakan uang simpanan sedikit pun.

Beberapa bank digital sudah memiliki fitur menabung otomatis, yang bisa memudahkan Anda untuk menyimpan uang. Coba konsultasikan hal ini ke bank tempat Anda menyimpan uang.

4. Memulai Aturan 24 Jam

Siapa sih yang tidak suka belanja online? Sebagian dari Anda juga mungkin lebih banyak membeli barang secara online daripada di toko. Belanja online, bisa memudahkan Anda untuk terus-menerus mengunjungi situs toko favorit, untuk melihat barang-barang incaran atau sekedar menghabiskan waktu kosong.

Bahkan, jika Anda tidak memiliki rencana untuk berbelanja, Anda bisa saja tiba-tiba memesan sesuatu, karena iklan produk yang muncul di laman media sosial Anda.

Solusi untuk menghindari pembelian impulsif seperti itu, adalah dengan menerapkan batas 24 jam untuk menekan tombol "beli" setelah memasukkan barang ke keranjang belanjaan Anda. Hal ini baik untuk menghindari Anda membeli barang yang sebenarnya belum atau tidak Anda butuhkan.

5. Jangan Habiskan Uang Tambahan Anda

Banyak sekali peluang bagi Anda untuk mendapatkan uang tambahan, di luar dari gaji bulanan. Bila Anda mendapatkan "bonus" tak terduga seperti itu, alangkah baiknya uang yang Anda dapat, disimpan ke dalam tabungan Anda. Ketimbang membelanjakannya dengan hal yang belum tentu Anda butuhkan.

Hal ini juga berlaku ketika Anda dapat kenaikkan gaji. Usahakan pengeluaran Anda tetap sama seperti gaji Anda sebelumnya. Hal ini bisa membuat Anda menabung lebih dengan nominal lebih tinggi setiap bulannya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar