Yamaha

2.720 Berkas Dukungan Cabup Independen Tasik Tak Memenuhi Syarat

  Selasa, 10 Maret 2020   Irpan Wahab Muslim
Bakal Calon Bupati Tasikmalaya Cep Zamzam Dzulfikar saat menyerahkan berkas persyaratan pencalonan ke KPU Kabupaten Tasikmalaya beberapa waktu lalu. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- KPU Kabupaten Tasikmalaya menemukan sekitar 2.720 berkas syarat dukungan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya dari jalur perseorangan, Cep Zamzam Dzulfikar Nur dan Padil Karsoma, Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Jajang Jamaludin menjelaskan, pihaknya menemukan itu dilatarbelakangi ketidaksesuaian data indentitas diri di KTP-elektronik seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan lainnya dengan yang tercantum di berkas dukungan format B.1-KWK.

"Kebanyakan itu akibat tidak sesuai antara data KTP dengan di B.1-KWK-nya. Berbeda nomer NIK, beda alamat, dan lainnya sehingga masuk kategori tidak memenuhi syarat," jelas Jajang, Selasa (10/3/2020).

Berkas yang masuk ke dalam kategori TMS, kata Jajang, akan mengurangi jumlah syarat dukungan yang ditetapkan yakni minimalnya 6,5% dari jumlah DPT pemilu bupati periode sebelumnya atau sebanyak 88.820 dukungan.

“Kemungkinan akan ada penyusutan, tapi ini belum selesai dan masih kami lakukan verifikasi,“ katanya.

Syarat dukungan yang banyak untuk diverifikasi membuat KPU bekerja ekstra. Selain berburu dengan waktu, penyelenggara dituntut objektif. Dalam sehari, dikatakan Jajang, pihaknya menargetkan mampu memverifikasi dukungan paling sedikit 10.000 berkas.

"Makanya kami saat ini KPU akan memacu percepatan verifikasi administrasi. Kami menargetkan akan selesai pada 17 Maret ini. Sementara batas akhir waktu verifikasi administrasi sampei 25 maret," tambah Jajang.

Setelah itu, pihaknya bakal memasuki tahapan pengecekan kegandaan NIK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, guna disandingkan kebenarannya dengan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu). Setelah itu akan keluar DA2, DA3 dan DA4 guna diserahkan ke Bawaslu. Lantas pihaknya bakal melaksanakan verifikasi faktual selama 20 hari, setelah selesai verifikasi administrasi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar