Yamaha

Pemdes Cisayong Canangkan Desa Sadar Zakat

  Kamis, 26 Maret 2020   Irpan Wahab Muslim
Kepala Desa Cisayong Kabupaten Tasikmalaya Yudi Cahyudin, menyerahkan bantuan kepada Unit Pengumpul Zakat. (ayotasik/Irpan Wahab Muslim)

CISAYONG, AYOTASIK.COM -- Kepala Desa Cisayong Kabupaten Tasikmalaya Yudi Cahyudin mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) guna menampung zakat profesi, zakat mal, zakat penghasilan, infaq dan sodaqoh warga Desa Cisayong.

Hasil yang ditampung di UPZ itu akan dimanfaatkan bagi warga Desa yang sangat membutuhkan.

Pengumpulan zakat melalui UPZ ini pun secara simbolis dilakukan oleh perangkat desa beserta ketua RT dan RW se Desa Cisayong Kecamatan Cisayong kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Desa Cisayong.

"Zakat yang telah terkumpul nantinya akan disalurkan untuk warga Desa Cisayong, khususnya bagi warga yang kurang mampu dan juga para mustahiq," kata Yudi, Kamis (26/3/2020)

Yudi menambahkan, semua pegawai Desa diminta untuk menyisihkan 2,5 persen dari gajinya dan diserahkan ke pihak Unit Pengelola Zakat. Kedepan, para muzakki dihadirkan ketika memberikan bantuan-bantuan ke mustahiq. Hal ini dilakukan agar ada proses keterbukaan ke pihak muzaki.

"Unit Pengelola Zakat Desa wajib membuat laporan pembukuan pemasukan dan pengeluaran yang harus dilaporkan ke para muzakki," kata Yudi.

Yudi ingin mewujudkan Desa yang dipimpinnya menjadi Desa Sadar Zakat. Beberapa cara yang dilakukan, yakni dengan mensosialisasikan untuk membangun kesadaran masyarakat atas pentingnya berzakat.

Kesadaran masyarakat terhadap kebersamaan dalam membantu terhadap sesama yang membutuhkan, terus ditingkatkan dan menjadi perhatian serius terhadap lembaga yang mengelola zakat.

"Kebersamaan masyarakat desa dengan gotong-royong, guyup untuk program desa sadar zakat, diharapkan mampu mengatasi kesenjangan sosial hingga akhirnya tercipta kesejahteraan bagi warga desa," kata Yudi. 
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar