Yamaha

Pemkab Tasikmalaya Siapkan Skenario Antisipasi Corona Meluas

  Jumat, 27 Maret 2020   Irpan Wahab Muslim
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengklaim, sosialisasi tentang pencegahan Virus Corona baru (Covid-19) membuat masyarakat semakin paham tentang bahayanya.

Kesadaran untuk mengisolasi secara mandiri di rumah bagi yang baru datang dari perantauan serta cepatnya masyarakat memeriksakan kesehatan disebut sebagai indikasi pemahaman yang sudah terbangun dalam upaya pencegahan penularan virus itu.

Meski kesadaran masyarakat meningkat, kata Ade, Pemkab Tasikmalaya sudah menyiapkan beberapa opsi jika penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya semakin meluas. Di antaranya menyiapkan ruang isolasi khusus di luar RS Singaparna Medika Citrautama (SMC).

"Kita sudah mempersiapakan rencana lanjut jika Covid-19 ini meluas, di antaranya menyulap beberapa fasilitas non medis menjadi pusat isolasi. Seperti gedung Pramuka atau Gedung Diklat Ciawi atau Wisma Haji. Ini sedang kita kaji karena menyangkut biaya yang tidak sedikit," papar Ade, Jumat (27/3/2020).

Ade menambahkan, pemerintah juga sudah menyusun skenario seandainya Kabupaten Tasikmalaya harus menetapkan kejadian luar biasa (KLB).

"Cadangan pangan pun telah kita siapkan meskipun baru 300 ton. Dengan catatan stok pangan di Bulog harus segera diamankan dengan spekulasi pihak nasional akan menggeser cadangan tersebut ke area zona merah seperti Jakarta," ungkap Ade.

Bupati meminta kepada semua pihak agar bersama-sama membantu masyarakat dan pemerintah dengan pemikiran dan langkah konkret.

Menurutnya, jika lontaran kata saja dari pemerintah, maka akan membuat masyarakat semakin resah dan hilang kepercayaan. Sehingga pihaknya mewacanakan hal ini sebagai tanda keseriusan.

"Mari kita dorong partisipasi publik bukan membuat ketakutan. Dalam situasi saat ini, masyarakat cukup takut, tidak perlu ketakutan," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar