Yamaha

Keluarga Miskin Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan Pemerintah

  Senin, 30 Maret 2020   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi. (Pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menyiapkan bantuan sosial bagi warga miskin di Jawa Barat termasuk di Kabupaten Tasikmalaya yang terdampak Covid-19.

Hal itu diungkapkan Kasi Pengelola Data PMKS pada Dinsos PMDP3A Kabupaten Tasikmalaya Lina Rochmawati. Lina menyebut, nilai bantuan itu berupa uang tunai dan sembilan bahan pokok dengan nilai Rp500 ribu per Kepala Keluarga (KK)

"Nilai bantuannya sebesar Rp500 ribu berupa uang kontan dan sembilan bahan pokok serta bahan pangan lainnya per KK," kata Lina melalui sambungan telepon, Senin (30/3/2020).

Bantuan sosial yang akan diberikan kepada warga miskin tersebut tidak sepenuhnya berbentuk uang. Namun, akan dibagi dengan sembako dan barang lainnya. Besarannya Rp350 ribu berupa bahan sembako dan Rp150 ribu berupa uang tunai.

Lina menambahkan, sasaran penerima bantuan sosial tersebut merupakan Rumah Tangga Miskin (RTM) yang tidak menerima bantuan tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan tidak menerima Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) atau sekarang disebut Bantuan Sembako dari Kementerian Sosial.

"Calon penerima Bansos adalah yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penetapan Januari 2020 dan ber NIK valid," kata Lina.

Saat ini, lanjut Lina, data sedang diolah lebih lanjut oleh Bappeda Jabar untuk selanjutnya akan disampaikan ke Pemkab untuk di padukan dengan DTKS yang ada di unit Data Dinsos Kabupaten Tasikmalaya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar