Yamaha

351 Desa Gelar Musdes Bahas BLT Dana Desa

  Selasa, 12 Mei 2020   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi uang. (Ayobandung.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Seluruh pemerintah desa di Kabupaten Tasikmalaya atau sebanyak 351 pemerintah desa tengah melaksanakan musyawarah desa (musdes) membahas soal Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Musdes dengan pembahasan BLT DD tersebut didasarkan Permendes PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak, Doris Simanjuntak menuturkan, permendes itu mengatur sasaran penerima BLT DD yakni keluarga miskin non PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Adapun teknis pembagian dana desa yang dipergunakan untuk BLT DD, kata Doris, pemerintah desa yang mendapatkan dana desa kurang dari Rp800 juta, maka BLT DD maksimal 25% dari jumlah dana desa.

Sedangkan bagi dana desa Rp800 juta hingga Rp1,2 miliar, maka BLT DD maksimal 30%. Sedangkan untuk yang dana desanya di atas Rp1,2 miliar, BLT DD sebesar 35%.

"Sekarang lagi musdes pak, saya juga ini lagi memantau di desa. Kan harus di musnes kan dulu, agar tidak jadi masalah," papar Doris melalui sambungan telepon, Selasa (12/5/2020).

Doris menambahkan, ada 71 desa yang sudah proses pencairan DD tahap 2. Sedangkan sisanya atau 280 desa, masih menunggu pancairan. Namun sebelum pencairan, pemerintah desa terlebih dahulu melakukan musdes.

"Semua lagi musdes. Nanti kalau sudah, tahapannya sudah dilalui termasuk soal nominal dan warga yang mendapatkan langsung dicairkan, " kata Doris.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar