Yamaha

Banggar DPRD Tasik Pertanyakan Transparansi Anggaran Penanganan Covid-19

  Rabu, 20 Mei 2020   Irpan Wahab Muslim
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Muslim. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Muslim mengatakan, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Tasikmalaya dinilai tidak transparan dalam penyampaikan kebutuhan penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya.

Menurutnya, hingga kini, Banggar DPRD Kabupaten Tasikmalaya tidak pernah mengetahui rincian penggunaan anggaran tersebut.

"Saya di banggar tidak pernah tah rincian anggaran kegiatan seperti apa. Kita tidak pernah tahu Gugus Tugas ini sudah membeli apa saja, sudah melaksanakan apa saja, anggarannya dari mana, habis berapa. Kita tidak pernah tau," jelas Asep, Rabu (20/5/2020).

Asep mengaku, dirinya sudah mengikuti rapat banggar membahas hal ini sebanyak lima kali pertemuan. Namun selama pertemuan itu, tidak pernah diperlihatkan rincian kebutuhan Gugus Tugas Covid-19, meski sudah diminta berkali-kali.

Asep menilai, sikap TAPD yang tidak memperlihatkan anggaran secara transparan patut dipertanyakan. Ia khawatir muncul kesan "ada sesuatu yang disembunyikan".

"Mengapa TAPD tidak mau memberikan secara transparan rincian anggaran penggunaan Gugus Tugas Covid 19 di Kabupaten Tasikmalaya," ujar Asep.

Dengan sikap TAPD yang seperti itu, kata Asep,  secara pribadi dirinya bakal melakukan langkah hukum dengan mengadukan TAPD ini kepada Komisi Informasi. Pasalnya hal ini dinilai dia telah melanggar Undang-undang tentang keterbukaan informasi publik.

Pihaknya, dikatakan Asep, hanya mengetahui jumlah total kebutuhan anggatan sebesar Rp63 Miliar tanpa tahu rincian detail peruntukkan anggaran itu.

"Kita harus tau, takutnya kebutuhan anggaranya kurang. Jadi kami bisa rasionalisasi untuk penambahan," tegasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar