Yamaha

RS SMC Miliki Laboratorium TCM, Tes PCR Butuh 45 Menit

  Kamis, 21 Mei 2020   Irpan Wahab Muslim
RS SMC Miliki Laboratorium TCM. (Ayotasik.com/Irpan)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- RS Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya akhirnya memiliki labolatorium Test Cepat Molekuker (TCM). Labolatorium ini satu satunya di wilayah Priangan timur dan hanya tiga di Jawa Barat. Dengan TCM ini,

Direktur Utama RS SMC, Iman Firmansyah, menuturkan, TCM ini bisa mendiagnosa Covid-19 hanya waktu kurang dari satu jam atau sekitar 45 menit.

"Ini merupakan bantuan Kemenkes, di Jawa Barat baru ada tiga. Dan kedepan, jadi rujukan untuk swab atau PCR di wilayah Priangan Timur, " kata Iman kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Alat TCM ini, lanjut Iman, bisa mendiagosa 4 sample sekaligus dan hasilnya akan keluar dalam waktu 45 saja. Sebelumnya, sample atau test swab harus dilakukan di Bandung dengan memakan waktu 7 hingga 14 hari

"Sebelumnya harus diantar dulu ke Bandung. Hasilnya baru akan keluar satu hingga dua minggu. Kalau sekarang, hasilnya hanya 45 menit. Jadi lebih cepat dalam mendiagosa Covid-19" lanjut Iman.

Nantinya, labolatorium TCM ini akan dijaga dua pegawai yang sudah diberi pelatihan dan ilmu yang mumpuni. Penggunaannya, kata Iman, sudah dilakukan untuk menguji sample pasien Covid-19 atas nama Iman warga Sariwangi yang pada dua hari lalu sudah dinyatakan sembuh.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar