Yamaha

Sejumlah Masjid di Singaparna Gelar Salat Jumat

  Jumat, 29 Mei 2020   Irpan Wahab Muslim
Pelaksaan salat Jumat di Masjid Al-hidayat Desa Cipakat Kecamatan Singaparna. (ayotasik/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Pelaksanaan salat Jumat di Kabupaten Tasikmalaya tetap dilaksanakan sejak pandemik Covid-19. Pelaksaan salat Jumat itu, diatur imbauan Bupati Tasikmalaya nomor 25 tahun 2020 tentang pelaksaan salat berjamaah di masjid dan salat Jumat ditengah pandemik Covid-19.

Dalam imbauan itu, bagi masyarakat yang tetap melaksanakan salat di Masjid dan salat jumat diharuskan menjaga jarak minimal dua meter, mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, membawa alas sujud masing-masing, menggunakan masker, tidak melakukan kontak fisik atau bersalaman dan salat jumat digelar sesingkat mungkin.

Dengan adanya imbauan itu, sejumlah masjid di Kabupaten Tasikmalaya tetap melaksanakan salat jumat, meskipun masih ada warga yang tidak mentaati imbauan tersebut seperti salah satunya penggunaan masker.

Di masjid Qosrul Muhajirin Desa Cilampung Hilir Kecamatan Padakembang misalnya, pelaksaan salat jumat dilaksanakan meskipun di masa pandemik Covid-19. Namun dalam pelaksaannya, tidak mengikuti protokol kesehatan atau imbauan pemerintah seperti pemakaian masker dan jarak minimal dua meter.

Namun dalam pelaksaan salat jumat itu, khutbah jumat dibacakan sangat singkat dan pelaksaan salat jumat sendiri tidak lebih dari 10 menit.

"Kalau disini, tetap melaksanakan salat jumat dari kemarin juga. Tidak ada penutupan salat jumat. Kalau soal protokol kesehatan, sudah diimbau kepada masyarakat," kata Lukman (40) salah satu tokoh masyarakat Desa Cilampung Hilir, Jumat (29/5/2020).

Pelaksaan salat jumat ditengah pandemik juga digelar di Masjid Al-hidayat Desa Cipakat Kecamatan Singaparna.

Dalam pelaksaannya, salat jumat digelar tidak lebih dari 15 menit. Namun demikian, masih ada protokol kesehatan yang tidak dipatuhi masyarakat seperti memakai masker, menjaga jarak minimal dua meter dan membawa alas sujud sendiri.

"Kita tetap melaksanakan salat jumat. Kalau soal protokol kesehatan, kita sudah ingatkan kepada masyarakat. Tapi mungkin masyarakat lupa atau bagaimana karena belum menjadi kebiasaan, " ucap Yamin (49) Ketua DKM masjid Al-hidayah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar